Bambang Susantono Beberkan Progres Pembangunan IKN Nusantara

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono.
Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Bisnis – Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono membeberkan perkembangan infrastruktur fisik yang sedang dikerjakan di IKN Nusantara. Pengerjaan itu terus dikebut menjelang 2024.

Bambang mengatakan, di lapangan saat ini sedang dilakukan konstruksi tahap awal. Dalam hal ini di antaranya land clearing (persiapan lahan), land consolidation (penataan ulang tanah) dan finalisasi Bendungan Sepaku Semoi.

"Juga intake air baku di sungai sungai Sembakung yang akan menyuplai sebagian besar air di IKN. Hal lain yang ada di lapangan yang sedang berlangsung adalah pembangunan rumah pekerja," kata Bambang dalam ‘UOB Economic Outlook 2023’, Kamis 29 September 2022.

IKN Nusantara Akan Serap Lebih dari 100 Ribu Pekerja di 2023

Rekomendasi trase jalan penunjang infrastruktur IKN Nusantara.

Rekomendasi trase jalan penunjang infrastruktur IKN Nusantara.

Photo :
  • Antara/HO-Pemda

Bambang menuturkan, untuk jumlah pekerja di tahun 2023 akan mencapai lebih dari 100 ribu orang. Selain itu, pemerintah juga tengah dilakukan pembangunan jalur logistik.

"Jalur-jalur logistik ini sangat penting, akses-akses logistik agar material yang akan dilakukan tahun depan dapat ditransformasikan dengan lancar," jelasnya.