Akselerasi Target NZE 2060, Shell Kasih Rekomendasi ke Pemerintah

Pekerja pabrik minyak pelumas Shell di Marunda Center Bekasi.
Pekerja pabrik minyak pelumas Shell di Marunda Center Bekasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Shell menegaskan komitmennya guna mengakselerasi transisi energi bersih dalam operasional bisnis yang dilakukan. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan meluncurkan Scenarios Sketch Indonesia (Indonesia Sketch) bertajuk 'Transisi menuju masa depan energi yang berkesinambungan dan inklusif'. 

Laporan ini memaparkan pula rekomendasi peta jalan yang dapat ditempuh Indonesia untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060. Agar dapat melakukan transisi mencapai NZE pada tahun 2060 dengan sukses, Indonesia perlu mengubah sistem energi dan penggunaan lahan secara mendasar. 

Mallika Ishwaran, Chief Economist Shell mengungkapkan, Hal ini harus dilakukan dengan tetap memastikan pasokan energi yang terjangkau dan aman untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi selama transisi. Di Indonesia, sektor energi telah diidentifikasi sebagai penyumbang utama emisi kedua setelah pertanian, kehutanan, dan penggunaan lahan lainnya.

"Peta jalan untuk mencapai target net zero emissions di Indonesia akan membutuhkan kerja sama signifikan antara pemerintah dan badan usaha agar aspirasi pada tahun 2060 tersebut dapat terwujud," ujarnya dalam peluncuran peta jalan tersebut di Jakarta, Kamis, 29 September 2022.  

Dia menjabarkan, peta jalan dekarbonisasi untuk perekonomian dan industri Indonesia diuraikan dalam Indonesia Sketch. Di mana melibatkan adopsi dan implementasi elektron rendah karbon yang lebih besar, dan solusi energi rendah karbon seperti bioenergi. 

SPBU Shell Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

SPBU Shell Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Photo :
  • Dok: Shell Indonesia

Pada bioenergi, biofuel dapat mencapai hingga 60 persen dari keseluruhan bahan bakar cair. Hal itu untuk menggantikan minyak dalam jumlah besar dan untuk mendukung dekarbonisasi sektor yang sulit untuk dielektrifikasi seperti sektor penerbangan dan industri kimia.