BI Proyeksi Inflasi September 5,88 Persen Dipicu Harga BBM

Pertamina menegaskan kualitas BBM jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah
Pertamina menegaskan kualitas BBM jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah
Sumber :
  • Pertamina

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) proyeksikan, inflasi September 2022 sebesar 5,88 persen secara year on year (yoy). Dalam hal ini sumber inflasi bersumber dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kami melakukan tracking sesuai survei pemantauan harga. Di mana surveI pada minggu kelima, bulan ini inflasinya sekitar 5,88 persen. Sumbernya mostly kenaikan bensin," ujar Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter, Wahyu Agung Nugroho, di Ubud, Bali, Sabtu 1 Oktober 2022.

Baca juga: Pertamina Turunkan Harga Pertamax Jadi Rp 13.900 per Liter

Berdasarkan survei inflasi minggu ke-V, inflasi diperkirakan BI sebesar 1,10 persen. Penyumbang inflasi terbesar diantaranya bensin sebesar 0.91 persen mtm, dan angkutan dalam kota sebesar 0,06 persen.

"Kami juga masih menunggu angka resmi BPS. Mestinya minggu depan akan kami lihat lagi. Dan kami coba bandingkan lagi, kami assess lagi apakah path inflasi yang ada di Bank Indonesia masih sesuai aktual," ucapnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pada Agustus 2022 tercatat terjadi deflasi sebesar 0,21 persen atau terjadi inflasi 4,69 persen secara yoy.

Pengemudi ojek online (ojol) sedang mengisi BBM

Pengemudi ojek online (ojol) sedang mengisi BBM

Photo :
  • Istimewa