Terminal 2F Bandara Soetta Dibuka, Tahap Awal Hanya Layani Umrah

Terminal 2 F Bandara Soetta.
Sumber :
  • Sherly / VIVA.

VIVA Bisnis – PT Angkasa Pura II kembali mengaktifkan Terminal 2F, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, area keberangkatan Internasional, Senin, 3 Oktober 2022.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Dalam tahap awal, pembukaan penerbangan internasional Terminal 2F, hanya akan melayani penerbangan khusus umrah dari Maskapai Lion Air. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung untuk melancarkan proses pemeriksaan keimigrasian di Terminal 2F.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

"Jauh sebelum pembukaan kembali Penerbangan Internasional lewat Terminal 2F ini, berbagai persiapan telah kita lakukan. Mulai dari kesiapan sistem pemeriksaan, hingga kesiapan para petugas di lapangan, koordinasi dengan berbagai stakeholder di Bandara telah kita lakukan," katanya. 

Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta.

Photo :
  • Angkasa Pura II.
INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Saat ini, telah disiagakan setidaknya 12 Konter Pemeriksaan Keimigrasian untuk mendukung kelancaran layanan di Terminal 2F.  Kemudian, momen pembukaan kembali Terminal 2F ini tentu menjadi sinyal positif akan adanya pemulihan dari Pandemi COVID-19 yang telah melanda Indonesia beberapa tahun terakhir. 

"Ada 12 Konter Pemeriksaan yang kita siapkan telah kita cek dan pastikan sistem perlintasan telah berjalan dengan baik, versi yang digunakan pun telah yang terbaru sama dengan sistem di Terminal 3," ujarnya.

Pesawat Lion Air

Photo :
  • Istimewa

Meski dalam tahap awal pembukaan Terminal 2F hanya melayani penerbangan khusus umrah, namun Tito menegaskan bahwa hal ini tentu tidak akan mengurangi kesiagaan petugas dalam melakukan pemeriksaan, kepada setiap orang yang melintas keluar dan masuk wilayah Indonesia akan melalui proses pemeriksaan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

"Saya selalu menegaskan kepada para petugas di lapangan agar tetap waspada dalam melakukan tugas, potensi akan  penyalahgunaan visa umrah pasti akan ada, oleh karena mereka yang terbukti tidak sesuai dengan aturan maka akan ditunda proses keberangkatannya" ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya