Harga Emas Hari Ini 3 Oktober 2022: Global dan Antam Naik

Emas Batangan.
Emas Batangan.
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/Leonhard Foeger/am.

VIVA Bisnis – Harga emas internasional dibuka naik tipis pada perdagangan Senin pagi usai dolar tercatat lebih lemah. Kenaikan itu di tengah bank sentral dunia yang mempertahankan kebijakan moneter secara agresif untuk mengatasi melonjaknya inflasi.

Dilansir dari Economic Times pada Senin 3 Oktober 2022, harga emas di pasar spot tercatat naik sebesar 0,3 persen ke level US$1.665,29 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS naik sebesar 0,1 persen ke level US$1.673,30 per ons.

Adapun untuk melihat pelemahan terhadap Dolar AS hari ini terlihat dari Indeks dolar yang turun sebesar 0,2 persen. Kondisi itu membuat emas dalam denominasi greenback lebih murah bagi pembeli luar negeri.

Baca juga: Ketidakpastian Tinggi, Rupiah Melemah Pagi Ini Rp 15.245 per Dolar AS

Kemudian, pembuat kebijakan Fed telah tegas dalam menaikkan suku bunga meskipun terjadi gejolak di pasar keuangan global. Dan naiknya suku bunga meredupkan daya tarik logam mulia karena meningkatkan biaya peluang untuk memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil.

Lalu, Inflasi zona euro melampaui perkiraan yang mencapai 10 persen pada September, rekor tertinggi baru yang akan memperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga jumbo bulan depan dari Bank Sentral Eropa.

Emas Domestik