IHSG Menguat Ditopang Kinerja Manufaktur, Intip Saham Pilihan Hari Ini

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 35 poin atau 0,50 persen di level 7.044, pada pembukaan perdagangan Selasa 4 Oktober 2022.

IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Menguat Ditopang Fundamental Ekonomi RI

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Ratih dalam riset hariannya, Selasa 4 Oktober 2022.

IHSG Dibuka Menguat tapi Minim Sentimen, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Dia menjelaskan, Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada September 2022 meningkat di level 53,7, lebih tinggi dari capaian bulan sebelumnya di 51,7. Level PMI Indonesia itu pun melampaui level PMI Manufaktur dunia yakni 50,3.

IHSG Dibayangi Tekanan Jelang Rilis Neraca Dagang, Cek Saham-saham Pilihan

Hal itu karena kemampuan industri yang membaik, di antaranya dengan adanya efisiensi pemanfaatan industri, peningkatan kemampuan SDM industri, serta kemudahan akses terhadap bahan baku.

"Peningkatan produksi ini terlihat pada produksi elektronika, industri bahan galian non-logam, serta industri mesin," ujar Ratih.

Dari mancanegara, rilis Core Personal Consumption Expenditure (PCE) Index Amerika Serikat (AS) periode Agustus 2022, naik ke level 0,6 persen month-to-month (mtm) atau 4,9 persen year-on-year (yoy). Hal tersebut lebih tinggi dari konsensusnya di 0,5 persen (MTM) atau 4,7 persen (yoy).

Sementara, Personal Income AS pada Agustus 2022 juga bertambah 0,3 persen (mtm), dan Personal Spending periode Agustus 2022 tumbuh 0,4 persen (mtm). Hal itu berpotensi memicu terjadinya Demand Pull Inflation.

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 7.080-6.980," ujarnya.

Selain itu, dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni RAJA, LSIP, TINS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya