Alasan Pertumbuhan Ekonomi dan Pelestarian Alam Harus Seimbang

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, upaya-upaya menjaga keseimbangan ekonomi diyakini akan mengajarkan dan memberikan kemajuan dalam perekonomian Indonesia.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Karenanya, Perry menegaskan bahwa ada sejumlah hal yang memang harus diubah, dalam upaya-upaya untuk mendorong pembangunan ekonomi nasional terkait keseimbangan ekonomi tersebut.

"Mari kita ubah ukuran kemajuan ekonomi kita agar jangan hanya terpaku pada aspek pertumbuhan, pertumbuhan, dan pertumbuhan saja, atau hanya tentang bagaimana kita melakukan industrialisasi saja. Mari ubah itu," kata Perry dalam telekonferensi, Rabu 5 Oktober 2022.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 5 Oktober 2022: Global Amblas, Antam Berkilau

Karenanya, Perry menegaskan bahwa upaya-upaya yang harus mulai dilakukan kedepannya, adalah soal bagaimana kita bisa terus menjaga kemajuan ekonomi tanpa mengganggu keseimbangan planet ini. "Yaitu mengedepankan kemajuan ekonomi dan upaya pelestarian lingkungan," ujarnya.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Perry meyakini, kemajuan ekonomi tidak bisa hanya dilakukan dengan mengukur seberapa besar pertumbuhan PDB saja. Namun, menurutnya hal itu juga harus dilihat dari bagaimana optimalisasi pertumbuhan PDB, dan kaitannya dengan langkah melestarikan lingkungan.

"Seperti yang selama ini biasa kita sebut ekonomi hijau," kata Perry.

Pertumbuhan ekonomi global

Photo :

Dengan menyeimbangkan antara kemajuan ekonomi dan upaya pelestarian alam, Perry mengatakan bahwa hal itulah yang tuhan ingin kita lakukan dalam konteks pembangunan ekonomi.

Dia menyebut, konteks ekonomi hijau itu adalah apa yang tuhan katakan kepada kita, selama hampir tiga tahun pandemi COVID-19 ini berlangsung.

"Dan inilah ekonomi hijau sebagaimana yang tuhan maksud, yakni menyeimbangkan antara pembangunan ekonomi dan upaya-upaya untuk tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya