Alasan Pertumbuhan Ekonomi dan Pelestarian Alam Harus Seimbang

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, upaya-upaya menjaga keseimbangan ekonomi diyakini akan mengajarkan dan memberikan kemajuan dalam perekonomian Indonesia.

Karenanya, Perry menegaskan bahwa ada sejumlah hal yang memang harus diubah, dalam upaya-upaya untuk mendorong pembangunan ekonomi nasional terkait keseimbangan ekonomi tersebut.

"Mari kita ubah ukuran kemajuan ekonomi kita agar jangan hanya terpaku pada aspek pertumbuhan, pertumbuhan, dan pertumbuhan saja, atau hanya tentang bagaimana kita melakukan industrialisasi saja. Mari ubah itu," kata Perry dalam telekonferensi, Rabu 5 Oktober 2022.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 5 Oktober 2022: Global Amblas, Antam Berkilau

Karenanya, Perry menegaskan bahwa upaya-upaya yang harus mulai dilakukan kedepannya, adalah soal bagaimana kita bisa terus menjaga kemajuan ekonomi tanpa mengganggu keseimbangan planet ini. "Yaitu mengedepankan kemajuan ekonomi dan upaya pelestarian lingkungan," ujarnya.

Perry meyakini, kemajuan ekonomi tidak bisa hanya dilakukan dengan mengukur seberapa besar pertumbuhan PDB saja. Namun, menurutnya hal itu juga harus dilihat dari bagaimana optimalisasi pertumbuhan PDB, dan kaitannya dengan langkah melestarikan lingkungan.

"Seperti yang selama ini biasa kita sebut ekonomi hijau," kata Perry.