Bangun SPAM Banjarkula, PUPR Targetkan 74.402 Sambungan Rumah

SPAM Banjarkula di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Sumber :
  • VIVA/Ilham

VIVA – Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid mengatakan target pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarkula mencapai 74.402 Sambungan Rumah (SR) pada 2024. 

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Hamid menjelaskan pembangunan SPAM Tahap II ini sudah mencapai eksisting 43.402 SR. Saluran SPAM itu terpasang untuk melayani Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Banjar Baru.

"Target kita di tahun 2024 mencapai 74.402 SR. Saat ini sudah mencapai eksisting 43.402 SR dan rencananya akan melayani 3 Kabupaten," ujar Hamid dalam konferensi pers di Banjarmasin, Rabu 5 Oktober 2022. 

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Baca juga: Menteri Basuki Tegaskan Tak Bangun Bendungan Baru pada 2023-2024

Namun, hingga saat ini SPAM Banjarkula baru melayani tiga wilayah. Pertama yaitu, Reservoar Off-Take Muslimin terdapat di Kota Banjarbaru dengan 2 kecamatan, yakni Kecamatan Banjarbaru Selatan dan Kecamatan Cempaka. 

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Selain itu, di Kabupaten Banjar meliputi 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Karang Intan, Kecamatan Astambul dan Kecamatan Mataram.

Kemudian, Reservoar Off-Take 2 pinus terdapat di Kota Banjarbaru yang meliputi 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Banjarbaru Utara, Kecamatan Liang Anggang dan Kecamatan Landasan Ulin.

Sementara di Kabupaten Banjar meliputi 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Martapura, Kecamatan Martapur timur dan Kecamatan Martapura Barat.

"Adapun Reservoar Off-take Bati-Bati akan melayani 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Bati-Bati, Kecamatan Tambang Ulang, Kecamatan Kurau dan Kecamatan Bum Makmur," kata Hamid.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di SPAM Banjar Bakula, di Kalimantan Selatan.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

Diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkolaborasi dengan Pentahelix, membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pertama di benua Kalimantan. Tepatnya sistem penyediaan air tersebut terletak di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan, Teuku Davis Hamid mengatakan sistem penyediaan air ini memiliki luasan lahan sekitar 44,492 m2.

"SPAM regional ini merupakan pertama dan satu - satunya di Kalimantan. Seluas 44,492 m2 dengan fungsi memberikan pelayanan air minum untuk Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut," ujar Hamid dalam konferensi persnya di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu 5 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya