Bea Cukai Gagalkan Kapal Ilegal Angkut Solar Rp 7,32 Miliar

Bea Cukai tingkatkan pengawasan di perbatasan
Bea Cukai tingkatkan pengawasan di perbatasan
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA Bisnis - Bea Cukai berhasil menggagalkan 14 kegiatan ilegal di wilayah perairan Indonesia bagian barat. Salah satunya, menangkap kapal tanker ilegal yang mengangkut muatan minyak solar HSD dengan total 629,3 kiloliter, dengan nilai Rp 7.362.810.000.

Berada di Perairan Pulai Karimun Besar

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, mengatakan kapal tanker yang berhasil ditangkap berada di perairan Pulau Karimun Besar, Kepulauan Riau. Penangkapan merupakan hasil dari operasi laut terpadu Jaring Sriwijaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Batam, dan Kanwil Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani.

Photo :
  • Arrijal Rachman/VIVA.

“Modus yang digunakan adalah dengan memuat bahan bakar minyak jenis solar secara ship-to-ship dari beberapa kapal di luar daerah pabean, kemudian masuk ke daerah pabean tanpa dilengkapi manifes,” kata Askolani dalam keterangan, Rabu, 5 Oktober 2022.

Penyelundupan BBM

Askolani menjelaskan, penindakan berawal dari informasi yang diterima petugas Bea Cukai tentang adanya modus penyelundupan bahan bakar minyak. Dengan cara STS antarkapal sambil berjalan lambat atau berhenti mengapung di perairan Selat Singapura dan perairan Timur Johor, Malaysia.