Buka WCCE 2022, Jokowi Ungkap Peran Penting Ekonomi Kreatif Bagi Dunia

Presiden Jokowi saat membuka WCCE 2022
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Bali dengan membuka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022. Acara tersebut digelar di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Kabupaten Badung, pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa karya ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang mampu bertahan dari badai pandemi Covid-19. Sebab, disaat pandemi datang, ekonomi kreatif dapat tetap hidup.

"Pada saat dunia membatasi mobilitas fisik manusia karena pandemi covid, mobilitas karya-karya ekonomi kreatif tetap lalu lalang bergerak tanpa menularkan covid 19. sektor ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya," kata Jokowi Kamis 6 Oktober 2022.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Menurut Jokowi, industri kreatif saat ini bukan hanya sebuah produk lokal yang dikonsumsi masyarakat lokal, Tapi industri kreatif ini bisa dinikmati oleh dunia melalui perkembangan teknologi yang sangat pesat belakangan ini.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

“Industri kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang dikonsumsi masyarakat lokal tetapi industri kreatif dengan mudah menjadi produk global yang mudah dinikmati oleh masyarakat lintas negara,”

Jokowi mengatakan, hari ini tidak kurang dari 1.000 pelaku Penta Helix dan pengambil kebijakan ekonomi kreatif berkumpul di Bali dalam Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia ketiga yang sudah dimulai sejak 2018. Melalui forum ini, berbagai pihak terkait dapat menggaungkan misi kreatif yang inklusif. 

"Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global," ujar Jokowi

Ilustrasi/Kerajinan rotan

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Kepala Negara menyebutkan sejumlah  peran penting ekonomi kreatif bagi pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, ekonomi kreatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan.

"Ekonomi kreatif mampu mendobrak batas geografis, gender, ras dan strata ekonomi. Ekonomi kreatif bisa menjadi pilar utama untuk mendobrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi untuk semuanya" ujar Jokowi

Selain itu, Jokowi juga melihat bahwa topik-topik yang dibahas dalam Konferensi ini sangat penting dan relevan. Kebangkitan ekonomi, hak para pekerja kreatif dan kekayaan intelektual, inklusivitas dan agenda SDG's serta masa depan ekonomi kreatif.

"Saya yakin Inovasi dan kreativitas ditunjang iklim inovasi yang sehat dan produktif yang dibarengi kebijakan yang adaptif akan mendorong kemajuan peradaban sebuah bangsa," ujar Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya