Setelah Hong Kong, Kini Singapura Tarik Produk Mie Sedaap dari Pasaran

ilustrasi Mie Sedaap Korean Spicy Chicken
Sumber :

VIVA Bisnis – Setelah ditarik dari pasar Hong Kong karena disebut ada  kandungan etilen oksida yang masuk golongan pestisida. Kini otoritas pangan Singapura pun menarik Mie Sedaap dari pasar negara negara tersebut.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dilansir dari The Straits Times, Kamis, 6 Oktober 2022, Badan Pangan Singapura (SFA) mengatakan bahwa kandungan etilen oksida terdeteksi dalam dua varian Mie Sedaap yang beredar. Hal tersebut merupakan hasil dari survei makanan yang dilakukan.

Dua varian Mie Sedaap itu adalah Korean spicy Chiken yang memiliki masa kadaluarsa pada 21 Mei 2023. Sementara produk lainnya Korean Spicy Soup yang memiliki masa kadaluarsa pada 17 maret 2023. Keduanya tersedia di supermarket lokal atau pun online.

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Mie Sedaap.

Photo :
  • Dokumentasi Wings.

SFA menjelaskan, etilen oksida adalah pestisida yang tidak diizinkan digunakan dalam makanan. Meskipun, zat tersebut tidak menimbulkan risiko langsung pada tingkat konsumsi yang rendah. Efeknya baru akan dirasakan mengganggu kesehatan dalam jangka panjang.

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Berdasarkan laporan dari Badan Perlindungan Lingkungan amerika Serikat, paparan jangka panjang dampak dari etilen oksida pada manusia. Zat itu bisa menyebabkan iritasi mata, kulit, hidung, tenggorokan dan paru-paru, serta kerusakan pada otak dan sistem syaraf.

Mie Sedap di Hong Kong.

Photo :
  • Laman CFS.

Paparan etilen oksida pun meningkatkan risiko kanker pada yang mengkonsumsinya.

Atas dasar itu SFA kini sedang menguju produk Mie Sedaap varian lainnya. Mereka pun bekerja sama dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki temuan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya