Cara PKT Kembangkan Kinerja UMKM Dorong Ekonomi Nasional

PT Pupuk Kaltim
Sumber :
  • Dokumentasi PT Pupuk Indonesia (Persero)

VIVA Bisnis – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bersama PT Pupuk Indonesia Persero, menggelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN di Samarinda. Hal itu bentuk peningkatan kontribusi terhadap pengembangan pelaku UMKM sekaligus fasilitasi masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Kegiatan ini turut dihadiri Staff Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, perwakilan BUMN se-Kaltim bersama Yayasan BUMN, serta stakeholder terkait lainnya.

“Kegiatan ini memfasilitasi lebih dari 50 UMKM binaan BUMN di Kalimantan Timur, dan sebagian besar diantaranya merupakan binaan Pupuk Kaltim. Sedangkan untuk Pasar Rakyat, disalurkan sebanyak 4.000 paket sembako murah bagi warga Kota Samarinda,” kata SVP SBU JPP Pupuk Kaltim Muhammad Erriza dikutip dari keterangannya, Jumat, 7 Oktober 2022.

Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

Bazaar UMKM dihadirkan sebagai sarana promosi dan penjualan bagi UMKM binaan. Sehingga ragam produk dari berbagai sektor usaha makin dikenal luas untuk mendorong pengembangan potensi pasar dan daya saing pelaku usaha.

Pasar murah PKT.

Photo :
  • Dokumentasi PKT.
SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

“Pupuk Kaltim akan terus berkomitmen dalam mendorong UMKM yang lebih berdaya, sekaligus meningkatkan manfaat bagi masyarakat melalui realisasi program yang lebih tepat sasaran,” tambah Erriza.

Staff Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, mengatakan program pasar rakyat dan bazaar UMKM ini sejalan dengan upaya pemerintah khususnya Kementerian BUMN, agar badan usaha senantiasa berperan dalam mengatasi kesenjangan sosial sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat.

Terlebih Pandemi COVID-19 dua tahun terakhir berimbas ke berbagai sektor, sehingga BUMN bersama anak usaha didorong mengambil peran strategis untuk memberi manfaat melalui kolaborasi aktif di berbagai bidang.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Photo :
  • istimewa.

"Ini salah satu bentuk manfaat BUMN bagi masyarakat, dengan turun langsung membantu pemenuhan kebutuhan di tengah kondisi sulit saat ini. Begitu pula dalam memajukan UMKM, dukungan yang diberikan diharap mendorong pelaku usaha kembali tumbuh dan berkembang," kata Arya.

Dirinya menyebut pembinaan bagi pelaku UMKM merupakan salah satu target pemerintah dalam mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi secara berkelanjutan. Hal ini salah satunya disikapi dengan memberikan kemudahan akses permodalan untuk menciptakan peluang usaha, sehingga masyarakat mandiri dan berdaya saing mampu terwujud melalui peran BUMN.

PLTS rooftop Kantor Pusat Pupuk Kaltim.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Kaltim.

"Sehingga ke depan keluarga pra sejahtera semakin didorong menjadi sejahtera. Baik melalui implementasi TJSL masing-masing BUMN, maupun program langsung Pemerintah. Itu salah satu langkah yang terus digencarkan dalam mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat," tambah Arya.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas digelarnya Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, sekaligus mendorong pelaku usaha kecil semakin berdaya. Hal ini pun sejalan dengan program Pemkot Samarinda dalam penciptaan peluang ekonomi baru dan memberikan keamanan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan Pupuk Kaltim, serta seluruh stakeholder terkait yang telah mendukung kegiatan ini. Mari terus perkuat sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan BUMN di daerah dalam mensukseskan pembangunan," tutur Andi Harun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya