Produk Halal Jadi Tren Global, BPJPH: 40 Negara Daftar di Indonesia

Pameran produk halal (Foto ilustrasi).
Pameran produk halal (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Official MIHAS

VIVA Bisnis – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Muhammad Aqil Irham mengungkapkan sebanyak 80 lembaga halal luar negeri dari 40 negara melakukan pendaftaran produk halal di Indonesia. Sebab, produk halal saat ini sedang menjadi tren global.

Aqil mengatakan dari 40 negara yang melakukan pendaftaran, merupakan negara dengan mayoritas penduduk non muslim. Hal itu karena, negara tersebut cenderung menganggap penting agar sebuah produk masuk dalam kategori halal.

"Saat ini menjadi tren global indikatornya adalah BPJPH telah menerima pendaftaran 97 lembaga halal luar negeri dari 40 negara. Halal itu sudah meluas bukan hanya soal agama, tetapi juga menjadi soal industri produk," ujar Aqil dalam telekonferensi, Jumat 7 Oktober 2022.

Baca juga: Perpres EBT Tegaskan RI Tidak Akan Bangun PLTU Baru

Aqil menyebutkan, untuk ke 40 negara yang melakukan pendaftaran diantaranya negara Timur Tengah terdiri dari tiga, Australia dan Oceania dua. Kemudian Afrika satu, Amerika dan Amerika Latin tujuh, serta Eropa 15.

Dia menjelaskan, tujuan dari 97 lembaga luar negeri itu mendaftarkan produk halalnya agar sama dengan standar dan regulasi produk di Indonesia.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal M. Aqil Irham

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal M. Aqil Irham

Photo :
  • kemenag
Halaman Selanjutnya
img_title