Menhub Dorong K/L hingga Pemda Pakai Kendaraan Listrik

Menhub Budi Karya Sumadi.
Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mendorong instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah menjadi role model penggunaan kendaraan listrik.

Hal itu menyusul telah diterbitkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022, tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Instansi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

"Inpres nomor 7 ini perlu ditindaklanjuti oleh Kementerian/Lembaga (K/L) dan juga Pemda sesuai dengan kewenangannya untuk melakukan langkah-langkah kongkrit dan strategis untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di instansinya masing-masing," kata Budi Karya dalam keterangannya, Jumat 7 Oktober 2022.

Gubernur Jawa Barat RIdwan Kamil pilih mobil listrik jadi kendaraan dinas.

Gubernur Jawa Barat RIdwan Kamil pilih mobil listrik jadi kendaraan dinas.

Photo :
  • Dok. Hyundai

Menhub menjelaskan, Kementerian Perhubungan sendiri telah mengimplementasikan terlebih dahulu penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas sejak tahun 2021. Hal itu bahkan sebelum adanya Inpres no. 7 tahun 2022 tersebut. Dia menjelaskan, untuk mendorong implementasi kendaraan listrik, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan peta jalan (roadmap) KBLBB.

"Kebijakan roadmap KBLBB, baik untuk kendaraan operasional pemerintah dan angkutan jalan telah ditetapkan dari tahun 2021 sampai 2030, yang dikoordinatori oleh Kemenko Marves," ujarnya.

Angkutan Umum dengan Kendaraan Listrik

Halaman Selanjutnya
img_title