Perluas Akses Keuangan, OJK Gelar Bulan Inklusi Keuangan 2022

Inklusi keuangan.
Sumber :
  • CGTN

VIVA Bisnis – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal menyelenggarakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) pada Oktober 2022 ini, sebagai upaya untuk memperluas akses keuangan masyarakat.

Rukun Raharja Cetak Laba Bersih US$8 Juta di Kuartal I-2024

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Friderica Widyasari Dewi berharap, penyelenggaraan BIK 2022 akan membantu meningkatkan kesejahteraan sekaligus mendorong pembangunan nasional.

"Dengan BIK yang bertujuan memperluas akses keuangan di masyarakat, diharapkan juga akan membantu memperkuat perekonomian nasional," kata Friderica dalam telekonferensi, Jumat 7 Oktober 2022.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Baca juga: Resesi Hantui Global 2023, Ekonom: Mirip Kondisi Tahun 1970

Selain itu, penyelenggaraan BIK juga didorong untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, agar makin mengenal berbagai produk dan layanan jasa keuangan. "Juga untuk mengampanyekan budaya menabung pada berbagai sektor industri jasa keuangan," ujarnya.

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife

Dengan upaya-upaya tersebut, Friderica berharap nantinya akan semakin banyak masyarakat yang mau membuka rekening, dan menggunakan produk-produk dari sektor layanan jasa keuangan. Hal itu seiring dengan upaya mendorong minat masyarakat, untuk bersama-sama mempublikasikan program literasi dan inklusi keuangan serta upaya perlindungan konsumen.

"Jika akses keuangan semakin mudah, maka masyarakat akan punya kesempatan memanfaatkan produk atau layanan jasa keuangan secara lebih optimal. Misalnya untuk menabung, mendukung kegiatan usaha, berinvestasi, dan melindungi jiwa atau aset," ujarnya.

Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Diketahui, rangkaian program BIK 2022 akan banyak menawarkan discount, cashback, point, bonus, atau hadiah berupa produk atau layanan jasa keuangan. Ada pula pemberian kredit atau pembiayaan bagi masyarakat maupun UMKM, melalui kegiatan business matching dan pameran produk/layanan jasa keuangan. Kemudian, ada juga program sosialisasi, webinar, bank goes to school/campus, klinik konsultasi, dan outreach program.

Nantinya, akan diselenggarakan pula puncak acara yaknk Financial Expo (FinEXPO), pada 26-30 Oktober 2022 di Mall Central Park, Jakarta Barat. Rencananya bakal ada sejumlah program seperti pameran produk/ layanan jasa keuangan dan UMKM, business matching, edukasi keuangan, serta kampanye program literasi dan inklusi keuangan.

Setiap Oktober sejak tahun 2016, OJK telah menyelenggarakan BIK secara terintegrasi, masif, dan berkelanjutan. Hal itu untuk mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada tahun 2024, sekaligus mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya