Bahlil Lahadalia Dorong Mahasiswa Jadi Pengusaha Bukan Pegawai Negeri

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Sumber :
  • YouTube Kementerian Investasi - BKPM

VIVA Bisnis – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia bersama Ceo Freeport McMorran Richard C. Adkerson telah selesai menggelar orasi ilmiah di 7 kampus Indonesia yang di tutup di Universitas Hasanuddin pada Jumat, 7 Oktober 2022.

Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri

Pada kesempatan tersebut, Bahlil Lahadalia merasa terharu dan bangga bisa hadir memberikan orasi ilmiah di Universitas Hasanuddin yang diikuti sekitar 2 ribu lebih.

Bahlil mengatakan, Universitas Hasanuddin menjadi roadshow terakhir pada orasi ilmiah ini lantaran dianggap menjadi pusat peradaban di Kawasan Timur.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Bahlil Lahadalia dan CEO Freeport McMoRan Richard C.Adkerson gelar orasi ilmiah

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

“Saya tiga hari lalu di Surabaya ITS, setelah dari ITS saya ke UGM, dua hari lalu saya di ITB. Setelah dari ITB kemudian ke UI. Terakhir kemarin saya di kampus kuliah saya di UNCEN. Dan saya memilih Unhas terakhir karena saya tahu pusat peradaban pendidikan di Kawasan timur, di Makassar dan basisnya adalah Unhas,”kata Bahlil dalam orasi ilmiah di Universitas Hasanuddin Jumat, 7 Oktober 2022.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Bahlil Lahadalia mendorong agar setelah lulus mahasiswa tidak menanamkan dalam pikirannya untuk menjadi pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara (ASN).

“Jangan lagi datang kuliah di Unhas cita-cita selesai kuliah bawa ijazah antre jadi pegawai negeri (PNS). Bukan zamannya lagi. Kalau kalian jadi pemimpin, mau jadi bupati, mau jadi gubernur, mau jadi anggota DPR butuh cuan (duit).

Ia mengatakan jika penerimaan BUMN dan PNS per tahun tidak lebih dari satu juta pegawai baru. Jika tidak menjadi pengusaha, maka akan banyak pengangguran di Indonesia. 

Bahlil Lahadalia dan CEO Freeport McMoRan Richard C.Adkerson gelar orasi ilmiah

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

“Kalau kalian tidak jadi pengusaha, kemungkinan besar seluruh kampus dari Aceh sampai Papua akan menjadi pabrik pengangguran intelektual. Ini akan menjadi ironis bagi kita. Jadi adik-adik semua, saya meminta jadi pengusaha,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa berterima kasih atas kesediaan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan CEO Freeport Indonesia Richard C.Adkerson yang hadir untuk berbagi ilmu khususnya terkait peluang investasi di Unhas, Makassar yang merupakan gerbang Indonesia Timur. 

Ia juga berterimakasih atas paparan orasi ilmiah dan juga memberikan semangat kepada mahasiswa-mahasiswi di Unhas untuk menjadi seorang pengusaha setelah lulus nantinya.

“Kami bangga dan juga berterimakasih kepada bapak Menteri dan pak Richard atas waktu yang disempatkan ke Unhas yang merupakan pintu gerbang Indonesia Timur dan sekaligus terus menerus mendorong civitas akademika untuk berinvestasi dan menjadi pengusaha,”kata Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa.

“Kehadiran pak Menteri tadi menyemangati kami semua, untuk terus menerus bekerja keras untuk menjadi bagian dari solusi untuk anak bangsa, solusi buat bangsa kita terutama dalam kaitannya dengan ekonomi Indonesia semakin kuat di bawah pimpinan dan arahan pak Menteri,”i mbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya