Kaltim Prima Coal Raih Penghargaan Subroto Award 2022

Kaltim Prima Coal (KPC) meraih penghargaan Subroto Award 2022.
Sumber :
  • Dok. BUMI/Kaltim Prima Coal.

VIVA Bisnis – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) melalui unit anak usahanya yakni PT Kaltim Prima Coal (KPC) meraih penghargaan Subroto Award 2022 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie menegaskan, penghargaan ini merupakan bukti bahwa grup BUMI selalu mematuhi peraturan, mendukung pemerintah dan berkomitmen tinggi terhadap inovasi teknologi pertambangan dan efisiensi energi serta terhadap pemberdayaan masyarakat.

Adika mengucapkan terima kasih kepada Menteri ESDM, Arifin Tasrif atas penghargaan Subroto Award tahun 2022 yang diberikan kepada KPC ini. Dia pun memberikan apresisasi yang tinggi atas dukungan pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Kutai Timur. 

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

"Pencapaian ini sejalan dengan sasaran strategis perseroan agar terus menjaga kinerja usaha dan tumbuh berkelanjutan di tengah tantangan gobal," kata Adika dalam keterangannya, Senin 10 Oktober 2022.

Situasi di site BUMI, PT Kaltim Prima Coal (KPC), Sangatta, Kalimantan Timur.

Photo :
  • Dok. BUMI
Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi sektor ESDM yang diberikan kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia.

Tahun 2022 ini merupakan tahun ke-5 Subroto Award dilaksanakan. Di mana dari tahun 2018-2022 KPC selalu berhasil meraih Penghargaan Subroto Award, dengan bidang yang berbeda-beda yakni:

1. 2022:

- Inovasi Teknologi Pertambangan Mineral dan Batubara yang Efektif menuju Net Zero Emission Kategori: Pada IUP, IUPK dan PKP2B Komoditas Batubara.

Pada kategori Inovasi Teknologi, program KPC yang menjadi penilaian adalah Konfigurasi Kolam – Solusi Cerdas Cegah Pencemaran dan Tingkatkan Produksi Pangan Serta Berdampak Pada Pengurangan Emisi.

- PPM Terinovatif Badan Usaha Pertambangan Batubara sub kategori 
PKP2B/IUPK/BUMN,

Pada kategori PPM Terinovatif, program KPC yang menjadi penilaian adalah Program Penyediaan dan Pasokan Air Baku Telaga Kenyamukan untuk PDAM yang Melayani Masyarakat dan Program Air Bersih Desa Tepian Makmur di Kecamatan Rantau Pulung yang dikelola BUMDesa,

- Efisiensi Energi : Inovasi Khusus Manajemen Energi

Pada kategori Efisiensi Energi – Inovasi Khusus Manajemen Energi, program yang 
menjadi penilaian adalah Utilisasi Kelebihan Horse Power Truck HD785-7 untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada pengangkutan batubara.

2. 2021: Efisiensi Energi dan PNBP

3. 2020: Tidak dilaksanakan karena pandemi COVID-19

4. 2019: Perlindungan Lingkungan dan PNBP

5. 2018: Pengelolaan Keselamatan Pertambangan

Untuk diketahui, penghargaan tahun ini secara online diterima oleh Muhammad Rudy selaku Chief Operating Officer dan penghargaan secara offline diterima oleh R.A. Sri Dharmayanti selaku Komisaris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya