100 Tahun Eka Tjipta Widjaja: Bangun Bisnis Sinar Mas dari Nol, Inspirasi UMKM

Board Member Sinar Mas, Franky Oesman Widjaja.
Sumber :
  • Dok. Sinar Mas

VIVA Bisnis – Sosok Eka Tjipta Widjaja hari ini dikenal sebagai sosok pebisnis yang membangun Sinar Mas dari nol, hingga menjadi sebuah konglomerasi. Board Member Sinar Mas, Franky Oesman Widjaja menceritakan, Eka yang awalnya berasal dari keluarga miskin harus bekerja keras untuk membantu perekonomian keluarga, dan memulai usahanya dengan berdagang kecil-kecilan seperti permen dan biskuit.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

"Siapa sangka usaha kecil-kecilan tersebut lah yang membuat Sinar Mas berkibar di kemudian hari. Dari Makassar, kemudian Ia hijrah ke Surabaya dan akhirnya membuka ruko kecil di Jalan Pasar Pagi, Jakarta Barat," kata Franky dalam keterangannya, Selasa 11 Oktober 2022.

Dari awalnya hanya sebuah ruko kecil dua lantai, Eka Tjipta akhirnya sukses membangun kerajaan bisnis Sinar Mas. Bahkan, sayap bisnis Sinar Mas tidak hanya berkibar di ranah domestik, tetapi juga global.

Krisis Ekonomi, Pemerintah China Lakukan Penghematan Ketat

Dalam momentum peringatan 100 tahun kelahiran Eka Tjipta Widjaja yang berlangsung di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, kisah-kisah inspiratif ini pun coba ditularkan ke khalayak. Tongkat estafet yang kini diemban generasi kedua pun masih tetap berfokus pada pemberdayaan UMKM.

"Lewat pendampingan bagi UMKM, Sinar Mas berharap bisa menciptakan pebisnis yang pantang menyerah seperti layaknya Eka Tjipta Widjaja," ujarnya.

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

Enam Nilai yang Diwariskan Eka Tjipta

100 tahun Eka Tjipta Widjaja.

Photo :
  • Dok. Sinar Mas

Franky pun menuturkan perkembangan Sinar Mas saat ini yang dilandasi oleh enam nilai warisan Eka Tjipta Widjaja. Di antaranya yakni integritas, sikap positif, inovatif, komitmen, perbaikan berkelanjutan, dan loyalitas. 

Keenam pijakan inilah yang membuat Sinar Mas berkembang selama 84 tahun, dengan berbagai bisnis mulai dari pulp and paper, agribusiness and food, jasa keuangan,  telekomunikasi, developer and real estate, energi dan infrastruktur, dan kesehatan.

Sebagai bentuk kepedulian sosial, Sinar Mas juga selalu aktif memberdayakan masyarakat sekitar unit bisnis berada, untuk membawa usaha-usaha masyarakat naik kelas. Terbaru, Sinar Mas bersama-sama dengan Kadin Indonesia menginisiasi Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas.

Pendiri Sinarmas Grup, Eka Tjipta Widjaja.

Photo :
  • vstory

Lewat gerakan ini, Sinar Mas melakukan pendampingan melekat terhadap bisnis UMKM, dan menjadi off-taker sekaligus membuka akses pasar baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"Tepat 3 Oktober 2022 itu Gerakan Nasional untuk UMKM naik kelas, saya rasa ini yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi sendiri ini bagus dan tepat sekali. Karena masyarakat yang sejahtera itu tujuan kita, bukan hanya pertumbuhan perekonomian tapi juga kehidupan mereka bisa aman tentram dan membawa negara kita ke jenjang yang lebih tinggi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya