Kementan Akan Asuransikan Bawang Merah-Putih, Cabai Merah, Domba, Kambing

Ilustrasi Petani. Sumber: unsplash.com
Sumber :
  • vstory

VIVA Bisnis – Kementerian Pertanian berencana memperluas cakupan asuransi pertanian. Selama ini asuransi pertanian baru mencakup petani komoditas padi dan peternak sapi atau kerbau.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementan Ali Jamil mengatakan, saat ini pihaknya menggodok kemungkinan asuransi untuk komoditas lain.

Peternak sapi di kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya (Malang)
Mantan Anak Buah Sebut SYL juga Pakai uang di Kementan untuk Kondangan dan Beri Kado Emas

"Kita akan upayakan ada asuransi untuk bawang merah, cabai merah, dan komoditas yang berdampak pada inflasi. Kalau bisa juga kambing dan domba diasuransikan," kata Ali, Rabu 12 Oktober 2022.

Ali menjelaskan, sejak awal tahun sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga dan menjadi penyebab inflasi. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ketika beras menjadi biang utama inflasi pangan, awal tahun ini penyebab inflasi didorong oleh bawang, cabai, telur, dan minyak goreng.

Jokowi Klaim Impor Jagung Turun dari 3,5 Juta Ton Jadi 450 Ribu Ton

Petani memanen padi di Bali

Photo :
  • AP Photo/Firdia Lisnawati
 

Selain hendak memperluas cakupan komoditas pangan yang dicover asuransi, kata Ali, pihaknya juga mencoba membuka kemungkinan asuransi pertanian tidak hanya lewat Jasindo.

"Bisa atau tidak atau seperti apa mekanismenya, mohon masukannya," pinta Ali Jamil.

Selain asuransi, untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern sesuai tagline Kementan, pertanian juga memerlukan dukungan pembiayaan yang memadai. Ihwal pembiayaan, kata Ali, Kementan mendukung lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR).  

"Untuk kepala daerah, mohon bantuan untuk membantu program ini supaya pencapaian projek ini bisa tercapai dengan baik," ucap Ali.

Petani bawang merah di Brebes

Photo :
  • Kementan

Ali berterima kasih kepada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang telah memberikan kemudahan KUR kepada petani. Juga bank-bank daerah yang mendukung penyaluran KUR pertanian.

Dengan akses permodalan lewat KUR, jelas Ali, seharusnya petani tidak lagi menemui kesulitan mengakses pembiayaan. "Karena ada KUR yang bisa dimanfaatkan untuk on farm maupun off farm," kata Ali.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya