BTN Luncurkan KPR 'Rent To Own', Pembeli Bisa Ngontrak Sambil Nyicil

Program Rumah Murah
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA Bisnis – PT Bank Tabungan Negara Tbk meluncurkan program KPR BTN Rent To Own, sebagai upaya menjawab kebutuhan masyarakat khususnya generasi Millenial maupun Generasi Z. Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar menjelaskan, program ini berkonsep pemilikan rumah dengan mekanisme sewa, untuk membantu masyarakat memiliki rumah dalam jangka waktu tertentu.

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

"Dan memberikan pilihan untuk memiliki rumah dengan cara kredit di masa akhir sewa," kata Hirwandi dalam keterangannya, Rabu 12 Oktober 2022.

BTN memahami bahwa sebagian besar generasi saat ini lebih memilih untuk mengontrak atau menyewa rumah, karena alasan belum mempersiapkan uang muka atau Down Payment (DP). "Atau belum mampu membeli rumah di lokasi yang dekat dengan lingkungan kerja yang biasanya berlokasi di perkotaan, sehingga mereka ragu memiliki rumah," ujarnya.

Lisa BLACKPINK Beli Rumah Baru di Beverly Hills Seharga Puluhan Miliar

Baca juga: Cek Rekening, Anggaran BSU Tahap V Cair Sebesar Rp 158 Miliar

Karenanya, dengan KPR BTN Rent to Own, dia memastikan masyarakat dapat membayar uang sewa setiap bulan, sekaligus mengalokasikan tabungan untuk pembelian rumah. Selain itu, Rent to Own juga dapat membantu mereka yang ingin memiliki rumah, namun termasuk masyarakat yang belum bankable.

Ribuan Rumah Terendam, 4 Jembatan Putus dan 1 Orang Hilang Akibat Banjir di Sumsel

"Karena dengan menggunakan skema Rent to Own, mereka terlatih untuk membayar cicilan secara teratur dan akan menjadi penilaian dalam pemberian KPR setelah masa sewa selesai," kata Hirwandi.

Untuk mendorong penyaluran KPR Rent to Own, BTN pun menggandeng dua Rent To Own Provider (RTO Provider) yaitu CicilSewa dan TapHomes. Keduanya merupakan RTO Provider yang sudah memiliki kerja sama dengan banyak developer, dan memiliki pilihan hunian yang banyak dan bervariasi untuk ditawarkan ke konsumen.

"Kedua mitra kami itu memiliki infrastruktur yang bagus, dengan fitur yang menarik dan memudahkan konsumen untuk memiliki rumah impiannya," ujarnya.

KPR Milenial BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Sebagai informasi, proses pelanggan untuk mengajukan KPR BTN Rent To Own yakni pertama, pelanggan dapat memilih rumah yang telah terkualifikasi oleh RTO Provider. Kedua, pelanggan kemudian membayar uang muka (DP) mulai dari 5 persen. RTO Provider dan pelanggan melakukan perjanjian sewa, dengan opsi pembelian sesuai harga yang telah disetujui di awal.

Ketiga, pelanggan memasuki masa sewa dan membayar sewa bulanan yang mencakup tabungan uang muka. Keempat, setelah pelanggan memiliki tabungan uang muka sebesar 10 persen, pelanggan dapat mengajukan KPR BTN Rent To Own. Namun jika pelanggan memilih untuk tidak melanjutkan masa tinggal, RTO Provider menjual rumah dan pelanggan mendapatkan pengembalian sebesar persentase tertentu dari tabungan. 

Persyaratan debitur yang dapat mengajukan KPR Rent To Own diantaranya berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah, berpenghasilan tetap sebagai pegawai atau penghasilan usaha untuk wiraswasta dan professional. Di mana, penghasilannya cukup dan menjamin kelancaran angsuran selama jangka waktu kredit, dengan pengalaman kerja/usaha minimal satu tahun. Sementara, suku bunga kredit KPR BTN Rent To Own sama dengan KPR Non-Subsidi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya