Penataan Pura Agung Besakih Bali Rampung Awal Tahun Depan

Proyek di Pura Agung Besakih
Sumber :
  • Viva.co.id: Dedi

VIVA Bisnis – PT PP (Persero) Tbk saat ini tengah menggarap sejumlah proyek di kawasan Bali, salah satunya adalah penataan kawasan Pura Agung Besakih yang terletak di wilayah Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. 

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Project Manager Revitalisasi Kawasan Pura Agung Besakih, Galang Bastiono mengatakan Proyek tersebut adalah milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan nilai Rp378 miliar yang bersumber dari dana APBN. 

"Karena proyek ini milik pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, maka sumber dana proyek berasal dari APBN tahun anggaran 2021-2022," kata Galang Bastiono dalam acara media visit di Bali pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati

Proyek di Pura Agung Besakih

Photo :
  • Viva.co.id: Dedi

Latar belakang dibangunnya proyek tersebut karena wilayah itu mempunyai masalah kemacetan ketika hari-hari besar dalam umat Hindu. 

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Galang menambahkan pengerjaan proyek tersebut terdiri atas penataan kembali lokasi perdagangan dan parkiran di kawasan suci Pura Besakih. 

"Proyek yang digarap ada dua, yaitu gedung parkir setinggi 4 lantai dan kawasan perdagangan tradisional yang dilengkapi relief dan patung setinggi 5 meter," lanjutnya. 

Nantinya gedung parkir di kawasan Manik Mas akan menampung 1.332 mobil, 66 bus, dan 45 sepeda. Menariknya, gedung parkir ini menerapkan teknologi smart parking. 

Sementara untuk area kios di Bencingan dapat menampung hingga 194 kios besar dengan luas 4 x 6 meyer dan 140 kios kecil dengan luas 2,5 x 3 meter. 

Proyek Purang Agung Besakih PT PP di Bali

Photo :
  • Viva.co.id: Dedi

Awalnya proyek ini direncanakan rampung pada Desember 2022 mendatang, tetapi karena ada kendala, harus diundur sampai Maret 2023. 

"Untuk pembangunan area kios di Bencingan, kami masih mengupayakan untuk bisa selesai akhir tahun ini, tetapi untuk gedung parkir kami harus mengundur hingga Maret 2023 karena ada beberapa lahan yang baru kami terima pada Mei 2022. Sejauh ini progres keduanya telah mencapai 66,15 persen," jelas Galang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya