TEI Expo 2022 Hari Keempat, Kemendag Catat RI Dapat 31 Kesepakatan Dagang Senilai US$42,32 Juta

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia/Kemendag
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

VIVA Bisnis – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebutkan, telah memperoleh 31 kesepakatan dagang dengan nilai US$42,32 juta. Kesepakatan itu didapatkan melalui Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 pada hari keempat.

Indonesia dan UEA Sepakat Tinggalkan Dolar AS Dalam Transaksi Bilateral

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengatakan, salah satu produk yang ditransaksikan adalah produk-produk halal. Penandatanganan kesepakatan dagang ini dilakukan dengan mitra dagang dari 11 negara yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten.

"Total nilai 31 kesepakatan dagang tersebut tercatat US$42,32 juta. Produk yang ditransaksikan meliputi produk makanan dan minuman, produk perawatan, suplemen herbal, fesyen, pupukorganik, rempah-rempah, dan produk halal," ujar Didi dalam keterangan dikutip, Minggu, 23 Oktober 2022.

Israel Bombardir Rafah, Peringatan AS Diabaikan

Trade Expo Indonesia (TEI) 2022

Photo :
  • Pertamina

Didi menjelaskan, untuk mitra dagang tersebut diantaranya, berasal dari Malaysia, Mesir, Hungaria, Australia, Amerika Serikat, Jepang, Uni Emirat Arab (UEA), dan Saudi Arabia.

Heboh Israel Grebek Kantor Al Jazeera di Nazareth, Sejumlah Peralatan Disita

Pada salah satu kesepakatan dilakukan Mustika Ratu dengan mitra dagang dari AS, Jepang, Arab Saudi, Australia, dan UEA yang penandatanganannya disaksikan langsung oelh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Dalam hal ini nilai kontrak sebesar US$400 ribu.

Didi melanjutkan, terdapat tiga negara melaksanakan imbal dagang dengan Indonesia, yaitu Korea Selatan, Nigeria, dan Ghana. Total nilai penandatanganan pada hari pertama 19 Oktober 2022 senilai US$1,19 miliar, hari kedua US$261 juta, hari ketiga US$376 juta, dan hari keempat US$42,32 juta. Dengan demikian, total nilai penandatanganan hingga 22 Oktober 2022 tercatat US$1,87 miliar.

Gedung kementerian Perdagangan

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Didi menyampaikan apresiasi terhadap perwakilan perdagangan yang turut memfasilitasi penandatanganan tersebut.

"Saya optimistis, kepercayaan dan antusiasme pelaku usaha luar negeri terhadap Indonesia berbanding lurus dengan tema TEI ke-37 Strengthening Global Tradefor Stronger Recovery," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya