Jalan Tol dari Bambu Rampung Dibuat, Ruas Semarang-Demak Seksi 2 Operasi Akhir 2022

Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.
Sumber :
  • Dokumentasi PT PP.

VIVA Bisnis – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 beroperasi pada akhir 2022 untuk mendukung libur Natal dan Tahun Baru 2023. Progres Jalan tol sepanjang 16,31 kilometer tersebut mencapai 97,82 persen.

OIKN Hadirkan Sekolah Bertaraf Internasional di IKN

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, untuk jalan tol Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 Km itu bakal dioperasikan akhir tahun ini guna mendukung pelaksanaan libur natal dan tahun baru 2023.

"Harapan kita pada akhir tahun ini untuk mendukung pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2023, ataupun dapat dilakukan fungsional jika belum keluar SK operasional dan dinikmati oleh masyarakat bersama-sama," ujar Danang dalam keterangannya dikutip Antara, Senin 24 Oktober 2022.

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

Baca juga: IHSG Dibayangi Realisasi Subsidi Energi, Ini Rekomendasi Saham Terbaiknya

Menurut Danang, Jalan tol ini menjadi kunci penting dalam mengurai kemacetan yang sering dialami pengendara yang melintas di jalan nasional Pantura sampai menuju ke Demak, sehingga penyelesaian Jalan Tol Semarang-Demak harus segera diselesaikan.

Kualitas Udara di Jakarta Masuk Kategori Tidak Sehat pada Jumat Pagi, Ini Wilayahnya

"Selain itu, jalan tol ini memberikan akses yang mudah menuju Kota Demak dan tentunya dapat meningkatkan interaksi ekonomi, meningkatkan pariwisata, hingga mendukung kelancaran arus logistik dari barat ke timur, dari Jawa Timur ke Jawa Tengah hingga ke DKI Jakarta," kata Danang.

Jalan Tol Semarang-Demak merupakan jalan tol di atas laut yang terintegrasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang. Selain itu, juga berfungsi untuk penahan banjir rob, serta mengatasi banjir dan genangan air yang selama ini menjadi permasalahan ibu kota Provinsi Jawa Tengah.

Penampakan Progres kontruksi Jalan tol Semarang-Demak.

Photo :
  • Dok. Kementerian PUPR

Jalan Tol Semarang-Demak juga merupakan jalan tol pertama yang menggunakan bahan baku berupa Bambu untuk menjadi sistem matras guna memperkuat daya dukung tanah sepanjang kontrustruksi jalan tol tersebut.

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 km yang merupakan porsi pemerintah dan saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan untuk dilanjutkan konstruksinya.

Sementara, Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 Km merupakan porsi badan usaha jalan tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak yang ditargetkan pada akhir tahun ini selesai konstruksinya secara keseluruhan dan dapat dioperasikan. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya