Ancaman Resesi Global 2023 Bayangi Picu Gelombang PHK, Begini Strategi Kemnaker

Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA – Dunia saat ini berada dalam bayang-bayang resesi akibat tingginya harga-harga dan meningkatnya inflasi. Akibatnya jika terjadi resesi akan berdampak kepada ketenagakerjaan, yaitu pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Sri Mulyani Buka Suara soal Rupiah Tembus Rp 16.200 per Dolar AS

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyatakan, jika terjadi resesi Kemnaker akan memberikan pelatihan kepada pekerja yang terdampak 

"Upaya kita kalau Kemnaker ini yang jelas kita akan mencoba untuk orang-orang yang terdampak itu kita latih, kita didik kita traning kemudian kita berdayakan itu tugas kita," kata Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat, 28 Oktober 2022.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Pekerja membersihkan lantai lapangan sepak bola Stadion Benteng di area sport center Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Senin, 19 November 2018.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Adapun Kemnaker mulai hari ini, Jumat 28 Oktober hingga 30 Oktober 2022 menyelenggarakan Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional. Kemnaker menargetkan, penyerapan tenaga kerja lebih dari 21 ribu tenaga kerja. 

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Afriansyah mengatakan, pada festival ini diikuti oleh 175 perusahaan. Di mana para peserta akan diberikan pelatihan vokasi yang diikuti oleh tiga direktorat. 

"Target hampir 21 ribu lebih harapannya, jadi peluang ini terus terbuka ditambah lagi banyak perusahaan yang hadir untuk melakukan pameran atau hadir di festival kita. Kita  juga ada pasar kerja ada stan pencari kerja dan pemberian kerja," ujarnya.

Acara Job Fair.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Afriansyah berharap, dengan adanya job fair ini akan memberikan wawasan kepada masyarakat Indonesia. Untuk job fair ini terbuka untuk umum dan gratis melaui ekosistem ketenagakerjaan. 

Untuk pelatihan yang ada pada job fair ini ada di bawah kementerian seperti Balai Latihan Kerja (BLK) diantaranya, pelatihan alat berat, pelatihan las, pelatihan elektrik, barista, dan lainnya. 

"Melalui pelatihan-pelatihan ini akan tercipta tenaga yg skill dengan dilatih oleh Kemnaker oleh infrastuktur yang handal dan hebat-hebat dan mudah-mudahan apa yg kita lakukan dan kementerian lakukan akan bermanfaat kepada anak bangsa," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya