Kapal Terbesar di Dunia Sandar di JICT, Begini Dampaknya ke Ekspor dan Ekonomi RI

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Direktur Utama JICT Budi Cahyono saat menyambut kapal CMA CGM Alexander Von Humboldt bersandar di dermaga JICT.
Sumber :
  • JICT

VIVA Bisnis – Kapal CMA CGM Alexander Von Humboldt bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kapal dengan panjang 396 meter dan berkapasitas 16.000 TEUs itu merupakan salah satu kapal terbesar di dunia yang pernah singgah di Indonesia.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Saat upacara kedatangan Kapal CMA CGM Alexander Von Humboldt di JICT, Jakarta, Wakil Direktur Utama JICT Budi Cahyono mengatakan, kunjungan kapal terbesar itu menandakan kepercayaan besar pelayaran global CMA CGM kepada JICT. Menurutnya, ini merupakan suatu kehormatan besar bahwa JICT dipercaya untuk menangani kapal petikemas terbesar yang pernah singgah di Indonesia.

“Ini menguatkan posisi JICT sebagai pelabuhan petikemas internasional yang menjadi pilihan pelanggan," ujar Budi dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu, 2 November 2022.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Disebut Berdampak Signifikan ke Pertumbuhan Ekonomi

Dirjen Perhubungan Laut, Kemenhub, Arif Toha.

Photo :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id
Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Arif Toha berharap kedatangan kapal terbesar CMA CGM, Alexander Von Humboldt, di Jakarta International Container Terminal (JICT) dapat berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Ekonomi Indonesia tumbuh kemarin ada 5 koma sekian, dengan kontribusi terbesar ada di transportasi. Oleh karena itu dengan adanya kapal terbesar yang sandar di JICT, akan mampu membangkitkan pertumbuhan ekonomi kita lebih baik lagi," ujar Arif.

Sementara itu, Presiden Direktur CMA CGM Indonesia John Lim mengatakan kapal-kapalnya akan memfasilitasi untuk pengiriman lebih optimal ke dan dari Indonesia pada setiap rute perjalanan.

CMA CGM Alexander Von Humboldt memiliki rute pelayanan langsung atau direct call yang menghubungkan Jakarta dan Amerika Serikat.

"Mulai hari ini 3 dari 19 kapal dalam layanan mingguan JAX CMA CGM akan berukuran 16.000 TEUs. Layanan ini diutamakan guna memfasilitasi pertumbuhan volume perdagangan antara Indonesia dengan Amerika, dan mengantisipasi pertumbuhan ekspor sebanyak 2 digit pada akhir tahun 2022," ujar John.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya