Kurangi Penggunaan Energi Fosil, PHM Ubah Sampah Jadi Gas ke Rumah Warga

Separator Gas Methane Pertamina Hulu Mahakam (PHM).
Separator Gas Methane Pertamina Hulu Mahakam (PHM).
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA Bisnis – Program Waste energy for Community (WASTECO) yang dilakukan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur mendapatkan perhatian banyak pihak dari dalam dan luar negeri. Program ini di luar kegiatan eksploitasi minyak dan gas bumi dan berperan dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

General Manager PHM, Krisna, mengatakan WASTECO adalah salah satu program unggulan PHM yang bertujuan memberikan dampak positif dan signifikan bagi masyarakat serta berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam program WASTECO ini adalah sistem penangkapan dan pendistribusian gas methana dari TPAS Manggar ke masyarakat.

“Basisnya seperti penerapan sederhana teknis industri hulu migas,” jelas Krisna dalam keterangannya kepada Media, Jumat 4 November 2022.

Baca juga: Tinjau Masjid Hadiah Pangeran MBZ Buat Jokowi, Menteri PUPR Soroti Kekurangan Ini

Program WASTECO berbasis kompetensi inti, yaitu mengintegrasikan core competency perusahaan berupa keahlian dalam teknik penangkapan dan penyaluran gas ke dalam program pemberdayaan masyarakat. Selain itu, tenaga teknis PHM mengimplementasikan dan memberikan edukasi pengelolaan gas sederhana.

“Kami juga melakukan pengukuran gas methane dan pelatihan keselamatan,” ujar Krisna.

Dengan adanya program Wasteco ini, lanjut Krisna, PHM mampu menyelesaikan berbagai masalah yang timbul antara lain mengurangi dampak keberadaan TPAS, membuka peluang kerja bagi masyarakat. Selain itu, program WASTECO  dapat meningkatnan pendapatan  masyarakat dengan pengurangan biaya operasional di dapur.

Halaman Selanjutnya
img_title