Kementerian BUMN Pastikan Ratusan SPKLU Siap Dukung KTT G20, Sinyal 5G Juga Kencang

SPKLU Mobil Listrik
Sumber :

VIVA Bisnis – Para Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan dukungan penuhnya pada perhelatan KTT G20 di Bali pekan depan. Antara lain penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), penyediaan dan penguatan konektivitas jaringan 4G dan 5G, hingga penyiapan bandara dan pelabuhan untuk kedatangan delegasi dan logistik.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Tenaga Ahli Menteri BUMN Bidang Global Value Chain Reynaldi Istanto dalam konferensi pers mengatakan, dukungan yang diberikan BUMN untuk persiapan KTT G20 sekaligus menjadi ajang memamerkan keunggulan Indonesia. Sehingga para BUMN itu pun bisa go global.

"Banyak pemimpin negara, pemimpin usaha bisnis datang ke Indonesia. Kami sudah siapkan inisiatif. Ini kesempatan bagi BUMN untuk tingkatkan rantai nilai global," kata Reynaldi, di Jakarta, 8 November 2022.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Jokowi resmikan SPKLU Ultra Fast Charging di Nusa Dua, Bali.

Photo :
  • ANTARA/Gilang Galiartha.

Dia menjabarkan,  Kementerian Sekretariat Negara bekerja sama dengan perusahaan ATPM Toyota, Hyundai, dan Wuling, menyediakan mobil listrik sebanyak 962 unit sebagai kendaraan yang digunakan pada KTT G20. PLN dan Pertamina pun juga menyediakan SPKLU sebanyak 300 unit untuk pengisian daya mobil listrik yang tersebar di Bali.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Sebanyak 68 unit SPKLU merupakan ultra fast charging yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya satu mobil hingga penuh. Selain itu 21 unit fast charging, 200 home charging, dan 11 bus charging. Lalu sebanyak 24 unit bus listrik dan 66 unit motor listrik buatan dalam negeri yaitu Gesit akan digunakan dalam perhelatan KTT G20 di Bali.

"Ini showcasing kita untuk transisi energi," kata Reynaldi.

Sementara untuk memperkuat jaringan konektivitas selama perhelatan G20, Telkom Indonesia melakukan penguatan jaringan 4G dan 5G dengan infrastruktur 24 menara BTS di Bali.

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair (tengah) dan 5G AI Robot Telkomsel.

Photo :
  • Telkomsel

"Telkom mendukung keandalan koneksi di venue utama dengan 228 akses point. Anak perusahaan Telkom yakni Telkomsel bekerja sama dengan Kementerian Kominfo mengembangkan platform G20 Connect," kata Reynaldi.

Dia juga menjelaskan revitalisasi bandara juga dilakukan oleh PT Angkasa Pura sebagai wajah pertama yang dilihat oleh para pemimpin negara G20 yang datang ke Bali. Selain itu, akses Jalan Tol Bali Mandara juga dilakukan perbaikan di beberapa titik untuk menghubungkan para delegasi dari bandara ke tempat perhelatan KTT G20. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya