Maksimalkan Potensi EBT, BUMN Ini Genjot Program Smart Water System ke Desa Terpencil

Ilustrasi penyediaan fasilitas Air Bersih.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA Bisnis – Perusahaan BUMN Bidang Konsultan Konstruksi, PT Indra Karya (Persero), berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan bidang Sumber Daya Air (SDA) dan Energi Baru Terbarukan.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Direktur Utama Indra Karya, Gok Ari Joso Simamora menegaskan, langkah itu antara lain dilakukan dengan menghadirkan program layanan teknologi di bidang pengembangan SDA, dengan sebutan Program Smart Water System. Dia berharap, Program Smart Water System ini dapat menjadi solusi pengelolaan air bersih yang terintegrasi, dan mendorong kolaborasi di setiap pelaksanaan programnya di lapangan.

"Kompetensi yang dimiliki oleh Indra Karya diharapkan tidak hanya berdampak pada creating shared value bagi perusahaan, namun juga memberikan nilai tambah bagi masyarakat," kata Gok Ari dalam keterangannya, Kamis 10 November 2022.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Baca juga: Luhut Terkejut Atas Pernyataan Media Asing pada Indonesia, Kenapa?

Dia menjelaskan, pengembangan teknologi inovasi Smart Water System ini, nantinya akan mampu mendeteksi data by name by address, sehingga memudahkan pemantauan dalam memberikan layanan air bersih untuk masyarakat. "Terutama masyarakat di daerah terpencil yang kesulitan mengakses kebutuhan air bersih," ujarnya.

Ini Penyebab Aset PLN Nusantara Power Melesat Jadi Rp 350 Triliun

Menurut Gok Ari, teknologi Smart Water System ini lahir berkat konsistensi terhadap dua sikap yang dilakukan oleh pihaknya, dalam rangka menciptakan brand experience bagi pelanggan secara menyeluruh. Hal itulah yang akhirnya menjadikan Indra Karya berbeda dari perusahaan lain, dan memberi kepuasan atas performa layanan produk jasa yang diberikan. 

"Kita harus menunjukkan bahwa BUMN menanamkan mindset adaptasi, kolaborasi, dan menjaga harmonisasi sebagai kunci dalam menjalankan bisnis yang kuat sebagaimana arahan dari Menteri BUMN," ujarnya.

Ilustrasi penjualan air bersih

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana

Diketahui, melalui pengembangan Program Smart Water System guna memanfaatkan EBT bagi kemaslahatan masyarakat itulah, PT Indra Karya (Persero) dianugerahi tiga kategori penghargaan dalam ajang BUMN Branding & Marketing Award 2022.

Penghargaan tersebut yakni The Best CEO sebagai Inisiator Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) di Indonesia, Bronze Winner pada kategori Brand Identity di bidang Branding dan Bronze Winner pada kategori Technology Enhancement di bidang Marketing.

BUMN Branding & Marketing Award 2022 ini pun menjadi ajang bagi Indra Karya, untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaiknya sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki tak hanya untuk skala nasional namun juga global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya