Sri Mulyani Pastikan Investor di IKN Nusantara Terapkan Prinsip ESG

Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Sumber :
  • Youtube Kemenkeu

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyaampaikan dukungannya bagi investor untuk menerapkan kerangka bisnis berbasis lingkungan, sosial, dan tata kelola atau environmental, social, and goverence (ESG). Khususnya, untuk pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Basuki dan Istri Bakal Pindah ke IKN Juli 2024, Jika...

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri Joint Finance and Health Minister' Meeting (JFHMM) Launching of ESG framework and manual di Badung, Bali, Sabtu, 12 November 2022.

"Jika kita ingin menarik dana dari swasta atau internasional, mak cara strategis adalah memenuhi standar kualitas termasuk ESG," kata Sri. 

Momen Sri Mulyani Hadiri Open House Jokowi dan Megawati: Semoga Baik Semua Ya

Dia juga mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Indonesia masih mengutamakan partisipasi pihak swasta dalam pembangunan IKN Nusantara. Mengingat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya membiayai sekitar 20 persen dari total kebutuhan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Antusias Sambut Idul Fitri, Kepala Otorita IKN Takbir Keliling

Untuk memilih investor yang dapat berkontribusi untuk mendanai IKN Nusantara, menkeu menuturkan bahwa pemerintah akan melihat dari sisi standar kualitas investasi, termasuk penerapan ESG. Dia juga menegaskan bahwa para kementerian harus terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara untuk menerapkan kerangka ESG.

Desain Sekretariat Presiden di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dokumentasi Waskita Karya.

Dalam pembangunan IKN, Sri Mulyani menambahkan bahwa pembangunan tersebut bukan hanya memindahkan pusat negara saja. Melainkan, menciptakan cara hidup baru yang mengutamakan aspek keberlanjutan.

"Bapak Presiden sering sampaikan bahwa ini tidak sekadar memindahkan, tetapi menjadi cara hidup baru termasuk dari sisi aspek green-nya," tutupnya.

ne
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya