Resmikan Pandemic Fund, Jokowi Harap Jadi Penyelamat Ekonomi Global Hadapi Pandemi

Presiden Jokowi luncurkan Pandemic Fund.
Sumber :
  • ANTARA/Genta Tenri Mawangi

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pandemic Fund atau Dana Pandemi yang diharapkan mampu menjadi penyelamat bagi setiap negara untuk menghadapi pandemi yang akan datang.

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Dalam akun Youtube Kementerian Keuangan RI, pada Minggu, 13 November 2022, Jokowi menyampaikan bahwa selama tiga tahun terakhir dunia menghadapi disrupsi terberat karena adanya pandemi COVID-19. Dia menambahkan, adanya COVID-19 memberikan bukti bahwa dunia tidak siap dan tidak memiliki arsitektur kesehatan yang mengelola pandemi.

"Oleh karena itu, kita harus memastikan ketahanan komunitas internasional dalam menghadapi (pandemi) tidak boleh lagi memakan banyak korban jiwa, pandemi tidak boleh lagi meruntuhkan sendi-sendi perekonomian global," kata Jokowi.

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

Baca juga: Ada KTT G20, Luhut Minta Masyarakat Bali Sekolah dan Kerja dari Rumah

Dengan semangat untuk memperbaiki sistem perekonomian akibat pandemi COVID-19, Presidensi Indonesia dalam G20 terus mendorong penguatan arsitektur kesehatan global untuk mewujudkan sistem kesehatan global yang lebih handal terhadap krisis dalam jangka pendek.

Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

Jokowi mengatakan bahwa negara anggota G20 sepakat membentuk dana pandemi bagi kepentingan pencegahan, persiapan dan respon terhadap pandemi.

Presiden Jokowi tinjau lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Photo :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Dia juga mengajak semua pihak untuk mendukung beberapa inisiatif yakni pembentukan platform koordinasi penanggulangan darurat kesehatan sebagai dana ekonomi internasional untuk mendukung pemantauan patogen, pengembangan jaringan digital secara global, serta sertifikasi vaksin untuk memfasilitasi keamanan perjalanan internasional dan pembentukan pusat penelitian dan manufaktur yang lebih adil dan merata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya