CNGR Sepakati Pembelian Listrik PLN 80 Ribu MVA Bersertifikat EBT

Kerja sama PT Anugerah Barokah Cakrawala (ABC) dengan PLN.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA Bisnis – CNGR Hong Kong Material Science & Technology Co., Ltd. (CNGR) melalui anak perusahaannya PT Anugerah Barokah Cakrawala (ABC) memperkuat kerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Keduanya berkomitmen mendukung hilirisasi dan transisi energi di sektor pertambangan nasional.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

Komitmen tersebut diwujudkan dalam penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) sebesar 80 Mega Volt Ampere (MVA) dan Surat Perjanjian Jual Beli Sertifikat Energi Terbarukan (PJBREC) antara PLN dan PT ABC.

Presiden Direktur PT ABC Fu Peiwen mengungkapkan melalui kerja sama ini, pihaknya ingin berkontribusi mewujudkan transisi energi Indonesia menuju Net Zero Emission di masa depan. Kontribusi ini sejalan dengan misi perusahaan.

Pertamina NRE dan VKTR Sepakati Kolaborasi Kembangkan Ekosistem EV Berkelanjutan, Intip Strateginya

Energi terbarukan.

Photo :
  • U-Report

"Semoga kerja sama ini menjadi awal yang tepat untuk menjalin hubungan erat antara PLN dan CNGR dalam mendukung transisi energi di Indonesia. Termasuk mendukung pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujar Fu dikutip dari keterangannya, Senin, 14 November 2022.

Pemprov DKI Anggarkan Rp 6,3 M Beli Moge Listrik, Dipakai Kawal Gubernur

Dalam perjanjian ini, PLN berkomitmen untuk menyediakan energi ramah lingkungan bagi PT ABC melalui Sertifikat Energi Terbarukan (REC). PLN menjamin 100 persen energi yang akan dipasok berasal dari energi terbarukan, dengan jaminan Sertifikat Energi Terbarukan selama 20 tahun. 

Sertifikasi ini menjadi jaminan bagi CNGR untuk mendapatkan pengakuan internasional. Dalam hal penggunaan listrik yang transparan, akuntabel, dan ramah lingkungan.

Pasokan listrik sebesar 80 Mega Volt Ampere (MVA) tersebut akan mendukung fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter yang dioperasikan oleh PT ABC di Kalimantan Selatan, untuk menghasilkan nikel matte. 

Proses produksi di Smelter menggunakan teknologi canggih yang dikembangkan CNGR, yaitu Oxygen-Enriched Side-Blown Furnace (OESBF) untuk memproses nikel matte.

“Terkait komitmen PLN, saya mengucapkan terima kasih kepada PLN dan seluruh tim yang telah berpartisipasi," tambahnya. 

Dengan pasokan listrik yang memadai dari PLN, diharapkan pengoperasian smelter dapat berjalan lancar yang kemudian berdampak pada peningkatan produksi dalam negeri. Selain itu, juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. 

"Diharapkan keberadaan smelter ini dapat menyerap tenaga kerja lokal dan untuk selanjutnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," tambahnya.

Sejalan dengan itu, General Manager PLN Unit Induk Regional Kalsel dan Kalteng, Muhammad Joharifin menyatakan, dukungan PLN terhadap proyek CNGR selaras dengan regulasi tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Yang, bertujuan untuk mendorong peningkatan nilai tambah di sektor minerba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya