Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Program Tol Laut Jokowi di Maluku Diapresiasi

Tol Laut.
Sumber :
  • ANTARA/Amirullah.

VIVA Bisnis – Kebijakan pembangunan Tol Laut yang digagas Presiden Joko Widodo mendapatkan apresiasi dari wilayah timur Indonesia. Sebab, kebijakan tersebut dinilai mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Menurut Anggota DPRD Provinsi Maluku, Wahid Laitupa, terealisasinya pembangunan tol laut mendorong kesejahteraan, khususnya bagi masyarakat yang bermukim di kawasan Kepulauan.

“Kebijakan Tol Laut yang saya lihat memang sangat berpotensi sekali untuk kepentingan ekonomi masyarakat. Hadirnya Tol Laut bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Wahid dalam keterangan tertulis, Kamis, 17 November 2022.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Ada 1.340 Pulau di Maluku 

Kapal tol laut untuk distribusi logistik (ilustrasi hari pelaut sedunia).

Photo :
  • Kemenhub
Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Ia mengatakan, wilayah-wilayah seperti di Maluku yang daerahnya terdiri dari pulau-pulau sangat membutuhkan keberadaan Tol Laut. Sebab, infrastruktur yang dibangun tersebut selain untuk memudahkan mobilisasi, juga sanggup menurunkan disparitas harga barang.

“Pulau kita kurang lebih jumlahnya 1.340, sehingga saya selaku anggota DPRD melihat bahwa di Maluku kita sangat butuh Tol Laut. Kami ucapkan apresiasi kepada Pak Jokowi yang sudah membangun Tol Laut,” terangnya.

Menurutnya, komitmen untuk membangun seluruh daerah demi pemerataan. Sehingga program-programnya mendorong kemajuan seluruh daerah di Indonesia, salah satunya adalah di Maluku.

“Sehingga saya melihat tentang program Pak Jokowi selain terkait kepentingan aspek Tol Laut, tapi program-program unggulan di Maluku juga sangat luar biasa,” jelasnya.

“Kepentingan soal dana desa, tentang program nasional di tingkat desa juga berjalan. Bantuan untuk masyarakat tidak mampu juga berjalan,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya