Menteri PUPR Pastikan Jalan Nasional Cianjur-Puncak Kembali Dibuka Siang Ini

Jalan Nasional Cianjur-Cipanas bersih dari longsoran.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau lokasi longsor akibat gempa di jalan nasional di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat. Basuki dan rombongan tiba di lokasi pada Senin 21 November 2022, pukul 21.45 WIB.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Basuki mengatakan, fokus penanganan dilakukan dengan excavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan, untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas-Cianjur.

"Hingga Selasa 22 November 22 pukul 01.45 WIB, total alat berat bekerja dari dua sisi yang berbeda, yakni sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara, adalah 6 unit excavator dan 6 unit dump trucks," kata Basuki dalam keterangannya, Selasa 22 November 2022.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Baca juga: IHSG Diprediksi Bergerak Mixed Gara-gara Ini, Cek Rekomendasi Sahamnya

Basuki memperkirakan pada siang hari ini, Selasa 22 November 2022, sudah bisa diselesaikan pembersihan longsoran pada badan jalan, sehingga ruas jalan Cianjur-Cipanas bisa terbuka kembali.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Senada, Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja menambahkan, ruas yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di dua titik, sudah bisa kita tembus pagi ini mulai jam 08.00 WIB.

Sekarang pekerjaan difokuskan pada pembersihan ruas jalan, agar bisa dilalui dari dua arah. Serta, evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pantau longsor Cianjur.

Photo :
  • Dok. Kementerian PUPR

"Kita harapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan (makanan/minuman) dan sandang (baju/selimut/sarung dll) dapat menjadi lebih lancar," kata Endra.

Diketahui, Kementerian PUPR juga telah mengerahkan 6 Hidran Umum, 4 Mobil Tangki Air dan 6 Toilet Portable, yang juga sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat terutama di sekitar Pendopo Bupati dan RSUD Cianjur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya