Komisi VII DPR Desak PLN Gerak Cepat Atasi Pasokan Listrik di Cianjur

Tiang listrik PLN terdampak gempa Cianjur.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA Bisnis – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto meminta PT PLN (Persero) segera membentuk tim siaga bencana guna membantu korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Tim ini, kata dia, harus dapat menyediakan listrik di rumah sakit dan posko-posko penampungan korban gempa.

PLN Bakal Sulap 2.000 Tiang Listrik Jadi SPKLU Kendaraan Listrik

Menurut Pokitikus PKS tersebut, keberadaan pasokan listrik sangat penting agar kegiatan pertolongan dapat dilaksanakan dengan baik. Karena itu, PLN segera menyedikan listrik di wilayah terdampak.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar bantuan kepada para korban dapat disalurkan segera, termasuk soal keberadaan jaringan listrik, baik untuk keperluan rumah sakit, posko penampungan atau di rumah-rumah korban. Kami akan berkoordinasi dengan PLN agar kebutuhan listrik di wilayah bencana dapat terpenuhi," kata Mulyanto kepada wartawan, Selasa, 22 November 2022.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Gempa 5,6 Magnitudo mengguncang Cianjur-Bogor hingga Jakarta

Photo :
  • BMKG

Mulyanto menegaskan, PLN perlu menyiagakan semua sumber daya untuk melayani korban gempa Cianjur. Selain itu, tim juga harus memastikan keberadaan sambungan listrik di rumah masyarakat aman dan tidak membahayakan masyarakat.

Mengulik Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya: Bencana hingga Pemimpin

Jika perlu, lanjut Mulyanto, PLN membentuk posko layanan bagi para korban gempa yang membutuhkan bantuan terkait penerangan dan kelistrikan.

“Menghadapi kondisi seperti ini PLN harus bisa bergerak cepat. Segera kerahkan semua potensi yang ada agar masyarakat dapat terbantu,” kata Mulyanto.

Wakil Ketua Fraksi PKS itu menambahkan, belajar dari pengalaman penanganan bencana di beberapa daerah, peran PLN sangat penting. PLN di bawah koordinasi tim penanggulangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan diminta menyediakan pasokan listrik di titik-titik yang diperlukan.

“Pasokan listrik tersebut sangat dibutuhkan untuk keperluan pengobatan, komunikasi, penerangan bahkan transportasi," imbuh Legislator Dapil Banten III tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya