Harga Emas Hari Ini 22 November 2022: Global Naik, Antam Tergelincir

Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • Foto ANTARA

VIVA Bisnis – Harga emas internasional dibuka naik tipis pada perdagangan Selasa pagi usai turun 1 persen pada sesi terakhir. Naiknya emas karena dolar yang melemah ditambah fokus investor beralih ke risalah pertemuan Federal Reserve untuk penentuan suku bunga masa depan.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Dilansir dari CNBC pada Selasa 22 November 2022, harga emas di pasar spot naik sebesar 0,2 persen ke level US$1.740,56 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS naik tipis 0,1 persen ke level US$1.741,70 per ons.

Perlu diketahui, emas turun untuk sesi keempat berturut-turut pada Senin kemarin karena investor lebih memilih keamanan dolar untuk lindung nilai karena pembatasan baru COVID-19 di China yang memicu kekhawatiran atas prospek ekonomi global.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Baca juga: Usai Dibuka Jokowi, Munas ke-17 HIPMI Ricuh Adu Jotos

Bahkan, Presiden Federal Reserve San Francisco Mary Daly mengatakan bahwa dampak dunia nyata dari kenaikan suku bunga bank sentral AS kemungkinan lebih besar daripada target suku bunga jangka pendeknya.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Sementara itu, Presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan bank sentral dapat menurunkan kenaikan suku bunga yang lebih kecil mulai bulan depan karena menyempurnakan tindakan kebijakannya untuk membantu menurunkan inflasi yang tinggi.

Risalah pertemuan November Fed akan jatuh tempo pada Rabu, dengan sebagian besar pedagang bertaruh ada kenaikan 50 basis poin pada pertemuan Desember.

Emas Domestik

Sementara itu, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 975 ribu per gram. Harga itu turun Rp 3.000 per gram dibanding perdagangan kemarin.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas ditetapkan seharga Rp 879 ribu per gram. Harga itu juga turun sebesar Rp 5.000 per gram dibanding perdagangan terakhir.

Emas murni batangan.

Photo :
  • Istimewa

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp 4,65 juta, 10 gram Rp 9,24 juta, 25 gram Rp 22,98 juta dan 50 gram Rp 45,89 juta.

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp 91,71 juta, 250 gram Rp 229,01 juta dan emas 500 gram Rp 457,82 juta.

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp 537,5 ribu dan 1.000 gram senilai Rp 915,6 juta.

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, untuk ukuran emas 5 gram sedang tidak tersedia di butik emas Logam Mulia Pulo Gadung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya