Lelang 4 Blok Migas Eksplorasi, ESDM: Potensinya Besar

Ilustrasi blok migas.
Sumber :
  • dokumentasi pertamina

VIVA Bisnis – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melelang Wilayah Kerja (WK) Migas tahap II tahun 2022. Empat WK yang dilelang itu adalah blok migas eksplorasi.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji menjelaskan, keempat blok migas tersebut yakni Blok Sangar (Jawa Timur), Blok Bunga (Jawa Timur), Blok Peri Mahakam (Kalimantan Timur), dan Blok Bose (Nusa Tenggara Timur).

"Pemerintah membuka lelang WK Migas dengan cadangan gas maupun minyak, di mana empat lapangan eksplorasi ini memiliki potensi besar untuk pengembangan produksi di sisi timur Indonesia," kata Tutuka di Nusa Dua, Bali, Rabu 23 November 2022.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji.

Photo :
  • Dok. Kementerian ESDM

Dia pun merinci potensi dari masing-masing blok eksplorasi yang ditawarkan melalui lelang tersebut. Untuk Blok Sangar, estimasi cadangan gasnya diperkirakan sebesar 300 miliar kaki kubik (billion cubic feet/BCF), dan cadangan minyaknya mencapai sebesar 130 juta barel minyak (MMBO).

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

"Blok Sangar ini terletak di lepas pantai Gresik, dengan bentang luas sebesar 8.122 km2," ujar Tutuka.

Kedua adalah Blok Bunga yang berada di lepas pantai Jawa Timur, dengan estimasi cadangan minyak dan gas mencapai 1.300 juta barel minyak ekuivalen (MMBOE). Ketiga yakni Blok Peri Mahakam di Kalimantan Timur, dengan potensi minyak dan gas sebesar 1.300 MMBO.

Keempat, Blok Bose dengan potensi cadangan minyak mencapai 1.000 MMBO, yang posisinya terletak di lepas pantai Nusa Tenggara Timur berdekatan dengan pulau Rote.

"Untuk Blok Sangar, Bunga, dan Peri Mahakam, Kementerian ESDM membuka lelang hingga 10 Januari 2023. Sedangkan untuk lapangan Bose, lelang dibuka hingga 24 Maret 2023," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya