Ekonom: 2011, Inflasi Bisa 6 Persen

Tax amnesty.
Sumber :

VIVAnews - Angka inflasi diprediksi bisa mencapai enam persen pada 2011. Potensi inflasi itu di antaranya dipicu oleh pemulihan ekonomi nasional.

"Kenaikan inflasi tahun depan diperkirakan terjadi secara bertahap," ujar Economist Global Research Standard Chartered Bank, Eric Sugandi, di Jakarta, Selasa 1 Juni 2010.

Dia menjelaskan, potensi kenaikan inflasi pada 2011 akan mulai terjadi pada Mei sebesar 25 basis points (bps), Juni (25 bps), Juli (25 bps), serta Agustus (25 bps).

Faktor lain yang menyebabkan inflasi bisa mencapai enam persen, menurut dia, adalah potensi membaiknya perekonomian global. Kondisi itu dapat memicu terus meningkatnya harga minyak mentah dunia yang otomatis bakal meningkatkan biaya produksi bahan bakar minyak (BBM).

Sementara itu, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) pada 2011 diprediksi mencapai delapan persen. Untuk 2010, hingga akhir tahun, inflasi diperkirakan mengalami kenaikan 25 bps mulai Oktober. "Faktornya karena ada bulan Ramadhan, Lebaran, dan Natal," kata dia. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran
Kedatangan Red Sparks di Kantor Kemenpora

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

PP PBVSI memasukkan nama-nama pemain terbaik ke dalam skuad Indonesia All Star untuk menghadapi Red Sparks dalam laga uji coba di Indonesia Arena, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024