Luhut: Sail Tidore 2022 Kesempatan untuk Rebranding Wisata Bahari

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Dok. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pelaksanaan Sail Tidore 2022 diharapkan dapat menjadi kesempatan Indonesia untuk me-rebranding wisata bahari nusantara. Selain itu, Sail Tidore juga dapat dijadikan memomentum untuk memperkuat branding #BanggaBerwisataDiIndonesiaAja. 

"Kita bersyukur lokasi Sail ke-12 diselenggarakan di Kota Tidore, yang memiliki beragam pesona dimulai dari warisan sejarah hingga alam bahari, yang menyimpan banyak harta karun unik," ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Minggu 27 November 2022.

Kapal lintasi pulau Maitara dan Gunung Kiematubu Tidore, Maluku Utara

Kapal lintasi pulau Maitara dan Gunung Kiematubu Tidore, Maluku Utara

Photo :
  • Antara/ Jafkhairi

Ia mengatakan, pelaksanaan 'Sail Tidore 2022' merupakan bukti dari komitmen pemerintah, untuk terus mendukung pemulihan pariwisata nasional. Luhut juga mengapresiasi seluruh Kementerian/Lembaga, termasuk khususnya kepada Kementerian Perdagangan, Kementerian Dalam Negeri, dan Pemerintah Daerah, yang senantiasa telah bekerja keras dalam mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan 'Sail Tidore 2022' tersebut.

"Acara ini merupakan bukti komitmen pemerintah untuk terus mendukung pemulihan pariwisata nasional," kata Luhut 

Luhut meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan pemerintah daerah, agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi pariwisata Tidore ke depannya.

Dijabarkan, banyak harta karun yang dapat digali di Tidore. Pertama, wisata bawah air yang memendam benda muatan asal kapal tenggelam dan bernilai sejarah yang dapat dijadikan atraksi wisata minat khusus.

Halaman Selanjutnya
img_title