BPOM Tegaskan Pelabelan Bahaya BPA pada AMDK Demi Keamanan Konsumen

Tukang galon.
Tukang galon.
Sumber :
  • Instagram/guyonankekinian

VIVA Binsis – Badan Pengawas Obat dan Makanan kembali menegaskan, pelabelan cemaran Bisfenol A (BPA) pada kemasan Air Minum Dalam Keamanan (AMDK) adalah keamanan konsumen.

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Rita Endang mengatakan, hal tersebut dalam acara Expert Forum bertema ‘Urgensi Pelabelan BPA pada Produk Air Minum dalam Kemasan untuk Keamanan Konsumen’.

"Produk kemasan AMDK yang mengandung atau berpotensi mengandung BPA seperti kemasan galon polikarbonat, perlu diberikan label ’Produk Berpotensi Mengandung BPA’," kata Rita Endang dikutip dari keterangannya, Minggu, 27 November 2022.

Ilustrasi galon.

Ilustrasi galon.

Photo :
  • Pixabay

Menurut Rita sudah menjadi isu global dan berbagai negara telah menerapkan regulasi, seperti pelabelan BPA pada produk kemasan AMDK di Amerika, bahkan pelarangan produk kemasan yang berpotensi atau mengandung BPA di Perancis.

Saat ini, ada bermacam AMDK yang beredar di pasaran. Namun, konsumen yang bijak patut mencermati aspek keamanan dalam mengonsumsinya. 

Temuan hasil uji migrasi Bisphenol A (BPA) yang melebihi batas ambang toleransi pada produk kemasan plastik galon berbasis polikarbonat, berpotensi bahaya bagi kesehatan masyarakat sebagai konsumen.

Halaman Selanjutnya
img_title