Arab Saudi Bangun Bandara Raksasa yang Mampu Tampung 180 Juta Pelancong

Ibu Kota Arab Saudi Riyadh
Ibu Kota Arab Saudi Riyadh
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA Bisnis – Arab Saudi pada hari Senin, 28 November 2022 waktu setempat, mengumumkan rencana pembangunan bandara baru di Riyadh yang mampu menampung 180 juta penumpang per tahun. Pembangunan bandara ini sebagai bagian dari upaya kerajaan untuk mendiversifikasi ekonominya dari petrodolar.

Bandara tersebut akan dinamai Bandara Raja Salman dan diumumkan oleh putranya, penguasa de facto Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), menurut kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

Melansir dari Middle East Eye, Selasa, 29 November 2022, proyek ini dirancang dengan ukuran mencakup 57 kilometer persegi, dan menampung hingga 120 juta pelancong pada tahun 2030 dan 185 juta pada tahun 2050. Bandara tersebut juga akan dimiliki oleh Dana Investasi Publik (PIF), dana kekayaan kedaulatan kerajaan, yang diketuai oleh putra mahkota.

Kota Riyadh, Arab Saudi

Kota Riyadh, Arab Saudi

Photo :
  • Pexels

"Proyek bandara sejalan dengan visi Arab Saudi untuk mengubah Riyadh menjadi salah satu dari sepuluh ekonomi kota teratas di dunia dan untuk mendukung pertumbuhan populasi Riyadh menjadi 15–20 juta orang pada tahun 2030,” kata SPA.

Seperti diketahui, populasi kota Saudi saat ini kurang dari 8 juta. PIF muncul sebagai kendaraan utama bagi MBS untuk mengubah ekonomi kerajaan yang bergantung pada minyak.

Arab Saudi telah lama menjadi tujuan peziarah agama, tetapi sekarang negara itu mencoba untuk mempromosikan dirinya dalam bidang wisata untuk menarik wisatawan. Kerajaan telah meluncurkan beberapa reformasi sosial dan yang terbaru adalah rencana untuk mengizinkan alkohol diperjual-belikan di resor.

Halaman Selanjutnya
img_title