IKN Nusantara Jadi Topik Hangat di Kalangan Investor Jepang, Kata Petinggi JBIC

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menemui sejumlah delegasi Jepang yang dipimpin oleh Penasehat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi di Jakarta, Selasa, 29 November 2022.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menemui sejumlah delegasi Jepang yang dipimpin oleh Penasihat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Pertemuan ini membahas tindak lanjut penguatan kerja sama Pemerintah Indonesia dan Jepang dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. 

Basuki mengatakan, kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang dalam pembangunan IKN telah dimulai dengan dikirimkannya beberapa tenaga ahli, terutama untuk supervisi pembangunan infrastruktur IKN.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Dok. PUPR

"Kementerian PUPR sudah memulai pembangunan infrastruktur dasar di IKN, di antaranya pembangunan jalan tol dan jalan nasional, penyediaan air baku, sanitasi, rumah untuk pekerja konstruksi IKN, serta penyiapan lahan siap bangun (land development) untuk kantor pemerintahan dan Istana Presiden berikut Wakil Presiden," kata Basuki, Selasa, 29 November 2022.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Soal partisipasi investor, Basuki menegaskan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, untuk mempercepat pembangunan IKN, investor asing dapat terlibat untuk membangun rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya.

"Rencananya di kuartal III-2023, Presiden akan bertemu dengan para investor IKN yang berminat ikut pembangunan pada bagian apa di IKN secara detail," ujar Basuki.

Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat meninjau Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 25 Oktober 2022.

Photo :
  • ANTARA

Pembangunan IKN, katanya, tidak sekadar memindahkan kantor-kantor pemerintah tetapi juga untuk mengubah cara kerja dalam mempermudah kegiatan.

"Para investor tidak perlu ragu dalam memperoleh izin untuk pembangunan di IKN. Saya lihat perwakilan perusahaan sudah sangat relevan dengan pembangunan IKN," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Penasihat Utama Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Hiroto Izumi mengatakan, pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 12 perusahaan besar di Jepang yang bergerak dalam pembangunan infrastruktur dengan spesialisasinya masing-masing.

"Pemindahan IKN di Indonesia merupakan topik yang hangat bagi kami di Jepang, kami menantikan tindak lanjut dari pertemuan hari ini," ujar Hiroto Izumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya