Luhut Siap 'Buldozer' Siapapun yang Menghambat Investasi di RI

Menko Luhut.
Sumber :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, akan mem-buldozer siapa saja yang menghambat investasi di Indonesia. Luhut mengatakan, pada forum G20 lalu para petinggi negara-negara dunia memuji perekonomian Indonesia yang mampu tumbuh tinggi. 

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Pujian itu katanya berasal dari Presiden China Xi Jinping, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, hingga Putra Mahkota Mohammed bin Salman al-Saud.

"Semua melihat Indonesia itu merupakan suatu negara yang sangat hebat. Jadi kita jangan pernah mau didikte orang lain," ujar Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022, Rabu 30 November 2022.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

ilustrasi investasi

Photo :
  • Adri Prastowo

Dengan hal itu, Luhut meminta agar semua pihak untuk tidak mempersulit para investor yang akan berinvestasi di Indonesia. Serta meminta untuk tidak membuat aturan-aturan yang tidak diperlukan.

MK Nilai Endorsement Jokowi ke Prabowo-Gibran Tak Langgar Hukum, Tapi jadi Masalah Etika

"Saya nggak rela kalau ada yang mempersulit itu, dengan segala kemampuan yang ada saya pasti buldozer. Karena saya mempertaruhkan apa momentum yang sudah baik ini, ini nggak boleh dihambat oleh siapapun," ujarnya.

Luhut menegaskan hal itu tidak boleh dihambat sebab, pekerjaan ini merupakan sesuatu yang sudah lama dijalankan selama 8 tahun. Dia juga meminta agar tidak ada konflik kepentingan jika ada yang berinvestasi.

"Saya akan turun dengan kewenangan saya untuk membuat anda susah. Kalau anda bermain main dengan itu tadi, jadi saya titip betul," tegasnya.

Namun, kata Luhut, jika pengurus investor terkena masalah yang dibuat oleh investor yang mana posisi pengurus tidak bermasalah. Maka dia bersedia untuk turun membela.

"Kalau tadi anda masalah yang dibuat orang bermasalah padahal tidak bermasalah, saya akan turun tangan untuk membantu, saya janji mengenai itu. Anda boleh datang dan tunjukkan bahwa saya akan turun bela anda," ujarnya.

Tips menjadi investor dengan uang receh

Photo :
  • U-Report

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan mengenai kondisi ekonomi global yang saat ini dibayangi  ancaman resesi. Jokowi mengatakan tahun 2023 mendatang, ekonomi dunia akan semakin sulit daripada situasi ekonomi tahun ini.

Seluruh negara di dunia akan memperbutkan investor yang ada untuk menanam modal di negara mereka, tak terkecuali Indonesia. Karena itu, Jokowi meminta jangan sampai ada yang mempersulit masuknya investasi di Indonesia.

"Saya ga mau dengar lagi ada yang mempersulit baik di pusat maupun di daerah, baik di pusat, di provinsi, di Kabupaten, maupun di kota, semuanya jangan sampai ada yang mengganggu ini. Karena kepercayaan itu sudah kita peroleh, trust-nya itu sudah kita peroleh, sekarang bagaimana implementasi dari policy-policy yang telah kita ambil, jangan sampai ada yang terganggu," kata Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya