Jokowi ke Kepala Daerah: Pantau Pergerakan Inflasi Dari Waktu ke Waktu

Presiden Jokowi saat rapat pengendalian inflasi di Istana.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Bisnis – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahannya kepada seluruh kepala daerah agar selalu memantau pergerakan inflasi di daerah yang dipimpinnya setiap waktu. Menurut Jokowi, memantau pergerakan inflasi saat ini menjadi hal yang penting karena inflasi menjadi momok di hampir semua negara.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

"Untuk Pemerintah daerah Gubernur, Bupati dan Walikota Saya minta perhatikan dari waktu ke waktu, dari jam ke jam, pergerakan angka inflasi di daerah masing-masing," kata Jokowi dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis 1 Desember 2022.

Running news soal inflasi di Times Square New York, AS

Photo :
  • AP Photo/John Minchillo
Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Jokowi mengatakan ancaman kenaikan inflasi menjadi salah satu tantangan perekonomian domestik maupun global pada tahun depan. Karena itu, para kepala daerah diminta turut berupaya keras mengendalikan pasokan dan stok barang dan jasa di daerah masing-masing. 

"Ini penting sekali. Ini momok semua negara, inflasi. Sekali lagi perhatikan pergerakan angka inflasi di daerah masing-masing," kata Jokowi

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Selain kepada kepala daerah, Jokowi juga turut meminta kepada kementerian dan lembaga non-kementerian (K/L) untuk mempercepat realisasi belanja khususnya belanja modal dan sosial di APBN dan APBN 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta jajarannya untuk lebih peka dan siaga terhadap akan adanya krisis.

"Semuanya harus memiliki sense of Crisis. Betul-betul siap atas segala berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi. Yang tanpa kita prediksi, yang tanpa kita Hitung, semuanya kita harus siap. Bukan hanya untuk mampu bertahan tetapi juga bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada," kata Jokowi

Ilustrasi grafik inflasi Indonesia

Photo :
  • vstory

Kepala Negara, menekankan agar jajarannya untuk siaga dan tetap waspada. Sebab, saat ini ekonomi dunia dalam kondisi yang tidak menentu.

"Sekali lagi perlu saya Ingatkan kita tetap harus waspada, kita tetap harus hati-hati, semuanya harus memiliki perasaan yang sama bahwa keadaan sekarang ini, utamanya global ekonomi global memang tidak berada pada posisi yang normal. tidak sedang dalam keadaan yang baik-baik saja, tidak," kata Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya