MBR Kini Bisa Kredit Hunian Pakai Skema Sewa Dulu Baru Beli, Begini Caranya

Ilustrasi Rusunawa.
Ilustrasi Rusunawa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna

VIVA Bisnis – Setelah berhasil meluncurakan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Rent to Own, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, kini siap mendukung program serupa untuk kelompok rumah subsidi bernama Staircasing Shared Ownership (SSO). 

Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar menjelaskan, melalui skema tersebut, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa memiliki hunian dengan biaya awal yang lebih terjangkau. Kemudian, secara bertahap menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi mereka. 

Staircasing Shared Ownership juga menjadi jawaban agar pembiayaan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah tidak selalu membebani APBN. BTN siap mendukung skema ini sehingga mempermudah masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah,” jelas Hirwandi dikutip dari keterangannya, Jumat, 2 Desember 2022.

Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar.

Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar.

Photo :
  • Dokumentasi BTN

Dia menjelaskan, SSO merupakan perpaduan antara skema sewa dan kepemilikan. SSO tersebut dapat digunakan untuk memiliki hunian yang berbentuk bangunan bertingkat seperti rumah susun. Sehingga, melalui SSO, MBR bisa memiliki hunian di lokasi yang strategis namun dengan pembayaran yang lebih terjangkau sesuai dengan kemampuan ekonominya. 

Hirwandi menuturkan hingga kini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah banyak mendukung perumahan bagi MBR. Di antaranya yakni program subsidi bunga, subsidi uang muka, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), hingga Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). 

Dengan hadirnya SSO, lanjut Hirwandi, akan menjadi opsi metode baru yang tidak membebani Kementerian PUPR dan Anggaran Pendapatan & Belanja Negara (APBN). 

Halaman Selanjutnya
img_title