Uji Coba Beli Solar Subsidi Wajib Pakai QR Code, Gimana Nasib yang Belum Punya?

Pendaftaran MyPertamina.
Sumber :
  • Andri Mardiansyah/ VIVA.

VIVA Bisnis – PT Pertamina Patra Niaga sudah mulai melakukan uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi, dengan mewajibkan penggunaan QR Qode atau Kode QR MyPertamina dalam proses transaksinya.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

"Masih (diujicobakan) di 11 kabupaten/kota," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, saat dihubungi VIVA Bisnis, Jumat 2 Desember 2022.

Perihal bagaimana jika ada pembeli solar subsidi yang belum memiliki QR Code karena belum mendaftar di MyPertamina, Irto pun menunjukkan ketentuan sebagaimana yang telah diunggah pihaknya di sejumlah media sosial milik Pertamina.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

Baca juga: Pertamina Uji Coba Penggunaan QR Code untuk Beli BBM Solar Subsidi, Tepatkah?

"(Jika) belum terdaftar maksimal 40 liter per hari," ujarnya.

Harga Minyak Dunia Naik Buntut Konflik Israel-Iran, Pertamina Pastikan Harga BBM Tak Naik

Saat ditanya sampai kapan uji coba pembelian solar subsidi dengan wajib menunjukkan QR Code seperti ini, Irto pun tidak menjelaskannya lebih lanjut.

Diketahui, uji coba tahap awal pembelian BBM jenis solar subsidi dengan menggunakan QR Code ini, akan dilakukan di 11 kota/kabupaten yang telah dipilih oleh pihak Pertamina Patra Niaga.

Kesebelas kota/kabupaten tersebut antara lain yakni Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Jepara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Wonogiri, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Banjarmasin, dan Kota Payakumbuh.

Setruk pembelian solar bersubsidi.

Photo :
  • Pertamina.

Langkah uji coba pembelian BBM bersubsidi dengan kewajiban penggunaan QR Code MyPertamina ini, merupakan bagian dari komitmen Pertamina untuk mewujudkan penyaluran subsidi BBM yang lebih tepat sasaran atau kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Karenanya, Pertamina pun masih terus mengajak masyarakat pengguna yang berhak mengonsumsi BBM subsidi, termasuk pengguna solar subsidi, untuk segera mendaftarkan kendaraannya di platform MyPertamina atau melalui link www.subsiditepat.mypertamina.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya