Sri Mulyani: Kredit UMKM RI Kecil Dibandingkan Negara-negara di ASEAN

Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kompas 100 CEO Forum.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia di perbankan merupakan yang terkecil dibandingkan dengan negara-negara ASEAN. Ia menyebutkan, pangsa kredit UMKM di dalam total kredit perbankan Indonesia sebesar 20 persen. Angka itu lebih kecil bila dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya yang bahkan mencapai 60 persen.

BSI Ungkap Tantangan Pengembangan Perbankan Syariah

"Total perbankan kita itu termasuk yang paling kecil hanya 20 persen. Negara-negara lain pangsanya bisa mencapai bahkan maksimum 60 persen," kata Sri Mulyani dalam Rapimnas Kadin 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat 2 November 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Klaster Usaha Rumput Laut, UMKM Binaan BRI yang Dorong Perekonomian Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan

Ani begitu sapaan akrabnya mengatakan, pemerintah terus mendorong perbankan untuk menyalurkan kredit kepada UMKM. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sebesar 30 persen. Sedangkan saat ini KUR penyaluran KUR mencapai 19 persen hingga 20 persen.

"Kalau kita lihat jumlah dari total kredit UMKM memang ada sekitar 1.275 sementara total kredit seluruh perbankan mencapai 5.981," jelasnya.

Lampaui Target Pemerintah, Kredit UMKM BRI Tembus 84,38 Persen

Adapun untuk mendorong target KUR itu, pemerintah memberikan berbagai instrumen salah satunya subsidi suku bunga KUR. "Kalau kita berdasarkan sektor ekonomi, mayoritas dari kredit UMKM adalah untuk berdagang," ujarnya.

Francois de Maricourt, Presiden Direktur HSBC Indonesia (tengah)

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

HSBC resmi meluncurkan ASEAN Growth Fund senilai US$1 miliar atau setara dengan Rp15,8 triliun.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024