Gunung Semeru Erupsi, Airnav Keluarkan Peringatan Penerbangan Untuk Dua Bandara

Gedung Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) Airnav, Bandara Soetta
Sumber :
  • VIVAnews / Sherly (Tangerang)

VIVA Bisnis – Gunung Semeru mengalami erupsi pada Minggu, 4 Desember 2022, disertai Awan Panas Guguran (APG) mencapai 1.500 meter di atas puncak. Erupsi yang terjadi menyebabkan sejumlah gempa letusan selama pukul 02.46-06.00 WIB.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Merespons hal tersebut, Airnav Indonesia mengeluarkan peringatan penerbangan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah yang terdampak erupsi. Yakni pada Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh, Malang

"Berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kondisi personel, bangunan, dan fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi aman, termasuk runway untuk aktifitas take-off/landing pesawat," tulis Airnav Indonesia dalam pernyataannya.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Gunung Semeru di Jawa Timur erupsi melontarkan kolom abu setinggi lebih lebih kurang 500 meter pada pukul 07:02 WIB, Jumat, 25 November 2022.

Photo :
  • ANTARA

Hingga pukul 13.30 WIB, operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh berjalan normal.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Personel Cabang Surabaya dan Malang terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang erupsi dan gempa letusan awan panas.

Melihat jadwal kedatangan di Bandara Juanda, Surabaya

Photo :
  • Surabaya Post

AirNav Indonesia juga terus berkoordinasi dengan stakeholder penerbangan terkait untuk update kondisi di lapangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya