Jelang Libur Nataru, Satgas Pangan Pastikan Stok dan Harga Pangan Terkendali

Tim Satgas Pangan Kota Surabaya berdialog dengan pedagang saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Pucang Anom, Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

VIVA Bisnis – Satgas Pangan Polri memastikan stok bahan pangan jelang hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) dalam kondisi cukup. Selain itu, harga dari bahan pangan juga dipastikan tetap terkendali. 

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

"Satgas Pangan Polri dalam memastikan ketersediaan pangan dan harga terkendali," ujar Kasatgas Pangan Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan saat dikonfirmasi, Senin, 5 Desember 2022.

Whisnu membenarkan harga bahan pangan kerap melonjak jelang hari besar termasuk Nataru. Melonjaknya harga bahan pangan itu disebabkan oleh banyaknya permintaan masyarakat yang tidak seimbang dengan jumlah pasokan di pasaran.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Baca juga: Bos BI Sebut Rupiah Digital Bisa untuk Belanja di Metaverse

"Sebagaimana hukum ekonomi, meningkatnya permintaan akan berdampak naiknya harga barang. Sehingga kenaikan tersebut hanya bersifat sementara," jelasnya.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Untuk mengantisipasi melonjaknya harga pangan, Whisnu menyebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah. Termasuk dengan berkoordinasi dengan kementerian terkait guna menyiapkan langkah alternatif atas stok dan harga bahan pangan.

Satgas pangan Jawa Timur sidah harga pangan di pasar.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

"Kita juga mendorong kementerian dan lembaga terkait untuk menyiapkan jalur alternatif distribusi pangan bila ada hambatan. Mengimbau para pelaku usaha untuk tidak berspekulasi, melakukan penimbunan atau menahan stok, sengaja mengurangi distribusi dan menaikkan harga," tutur Whisnu.

"Terpenting, pasokan pangan aman sehingga HKBN (Hari Besar Keagamaan Nasional) dan Tahun Baru 2023 dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya