Kereta Cepat Beroperasi, Jakarta dan Bandung Bisa Jadi Commuter

Kereta cepat hasil rancang bangun CRRC Qingdao Sifang Co Ltd.
Sumber :
  • ANTARA/HO-CRRC

VIVA – Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN, Arya Sinulingga memastikan, apabila Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah beroperasi, maka nantinya Jakarta-Bandung akan menjadi komuter.

Curhat Kementerian BUMN Punya Dana Melimpah Buat Genjot UMKM, Tapi Terbentur Aturan OJK 

Dengan tujuan tersebut, diharapkan nantinya akan memudahkan masyarakat untuk commuting atau pulang pergi di antara kedua kota tersebut setiap harinya.

"Karena memang tujuan Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu nantinya adalah agar Jakarta dan Bandung bisa menjadi commuter," kata Arya di Kementerian BUMN, Selasa, 6 Desember 2022.

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Photo :
  • AP Photo/Dita Alangkara

Dia menambahkan, dengan menjadi rute atau koridor komuter yang terhubungkan secara cepat melalui jaringan kereta, diharapkan hal itu juga akan mengubah perilaku serta mobilitas masyarakat di Jakarta dan Bandung.

Bantu Redam Dampak El Nino, ASDP Tebar 1.000 Sembako Gratis di Pelabuhan Bolok Kupang

Selain itu, Arya menjelaskan bahwa penempatan stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang berada di wilayah Tegal luar, dilakukan demi mendorong pengembangan baru di wilayah tersebut.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Secara menyeluruh, Arya meyakini bahwa dengan hadirnya layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, maka hal itu tentunya juga akan menimbulkan dampak positif berantai bagi perekonomian di wilayah-wilayah sekitarnya.

"Terutama terkait dengan pertumbuhan ekonomi di kedua kota, yang diperkirakan juga akan turut meningkat secara signifikan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya