Harga Emas Hari Ini 7 Desember 2022: Global dan Antam Kompak Tak Bergerak

Ilustrasi: Tumpukan emas batangan pada uang kertas dolar AS.
Ilustrasi: Tumpukan emas batangan pada uang kertas dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri

VIVA Bisnis – Harga emas internasional dibuka sedikit berubah atau stagnan pada perdagangan Rabu pagi. Hal itu usai investor ingin melihat hasil dari pertemuan kebijakan Federal Reserve yang berlangsung pekan depan untuk mengetahui petunjuk kenaikan suku bunga acuan.

Dilansir dari Economic Times pada Rabu 7 Desember 2022, harga emas di pasar spot sedikit berubah atau stagnan di level US$1.770,46 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS datar di level US$1.783,10 per ons.

Diketahui, Fed fund futures sekarang memperkirakan bahwa ada peluang 91 persen kenaikan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) pada pertemuan Desember. Atau tepatnya pertemuan Fed dijadwalkan pada 13-14 Desember 2022.

Baca juga: Gaji Fantastis dan Jaringan Bisnis Luas, Intip Pundi-pundi Kekayaan Cristiano Ronaldo

Kemudian, suku bunga tinggi telah membebani status tradisional emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian lainnya tahun ini, karena hal itu menyebabkan biaya peluang yang lebih tinggi untuk memegang logam yang tidak memberikan imbal hasil.

Sementara itu, Kepala Ekonom ECB Philip Lane mengatakan Bank Sentral Eropa harus menaikkan suku bunga beberapa kali lagi untuk menjinakkan tekanan harga, bahkan jika inflasi utama sekarang mendekati puncaknya.

Emas Domestik

Halaman Selanjutnya
img_title