Harga Emas Hari Ini 7 Desember 2022: Global dan Antam Kompak Tak Bergerak

Ilustrasi: Tumpukan emas batangan pada uang kertas dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri

VIVA Bisnis – Harga emas internasional dibuka sedikit berubah atau stagnan pada perdagangan Rabu pagi. Hal itu usai investor ingin melihat hasil dari pertemuan kebijakan Federal Reserve yang berlangsung pekan depan untuk mengetahui petunjuk kenaikan suku bunga acuan.

Ketua PSI Gubeng Terekam CCTV Cabuli Gadis, Australia Desak Warganya Tinggalkan Israel

Dilansir dari Economic Times pada Rabu 7 Desember 2022, harga emas di pasar spot sedikit berubah atau stagnan di level US$1.770,46 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS datar di level US$1.783,10 per ons.

Diketahui, Fed fund futures sekarang memperkirakan bahwa ada peluang 91 persen kenaikan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) pada pertemuan Desember. Atau tepatnya pertemuan Fed dijadwalkan pada 13-14 Desember 2022.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Baca juga: Gaji Fantastis dan Jaringan Bisnis Luas, Intip Pundi-pundi Kekayaan Cristiano Ronaldo

Kemudian, suku bunga tinggi telah membebani status tradisional emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan ketidakpastian lainnya tahun ini, karena hal itu menyebabkan biaya peluang yang lebih tinggi untuk memegang logam yang tidak memberikan imbal hasil.

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang

Sementara itu, Kepala Ekonom ECB Philip Lane mengatakan Bank Sentral Eropa harus menaikkan suku bunga beberapa kali lagi untuk menjinakkan tekanan harga, bahkan jika inflasi utama sekarang mendekati puncaknya.

Emas Domestik

Sementara itu, harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 984 ribu per gram. Harga itu tak bergerak atau stagnan dibandingkan perdagangan kemarin.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga pembelian kembali atau buyback emas ditetapkan seharga Rp 882 ribu per gram. Harga itu juga stagnan dibanding perdagangan kemarin.

Ilustrasi emas batangan Antam.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.

Adapun harga emas berdasarkan ukuran, yakni lima gram dijual Rp 4,69 juta, 10 gram Rp 9,33 juta, 25 gram Rp 23,21 juta dan 50 gram Rp 46,34 juta.

Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp 92,61 juta, 250 gram Rp 231,26 juta dan emas 500 gram Rp 462,32 juta.

Selanjutnya, untuk ukuran emas terkecil dan terbesar yang dijual Antam pada hari ini, yaitu 0,5 gram dibanderol Rp 542 ribu dan 1.000 gram senilai Rp 924,6 juta.

Untuk diketahui, harga penjualan emas batangan Antam ini belum termasuk pajak. Pada hari ini, untuk ukuran emas 1.000 gram tercatat sedang tidak tersedia di butik emas Logam Mulia Pulo Gadung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya